Mathiverse: Explore The World of Numbers, Kenalkan Peranan Matematika dan Aktuaria dalam Kehidupan

Oleh Chysara Rabani - Mahasiswa Teknik Pertambangan, 2022

Editor M. Naufal Hafizh

Talkshow “Matematika dalam Permainan” di Gedung TVST, Minggu (22/9/2024). (ITB/Chysara Rabani)

BANDUNG, itb.ac.id - Sebanyak 148 mahasiswa Program Studi Matematika dan Aktuaria, Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2023 menggelar talkshow dan pameran dalam “Mathiverse: Explore The World of Numbers” di Gedung TVST, Minggu (22/9/2024). Acara ini dihadiri siswa SMA juga mahasiswa ITB yang bertujuan mengubah stigma masyarakat tentang matematika yang terkenal sudah tidak relevan dengan perkembangan zaman.

Ketua Pelaksana Mathiverse, Malfaya Faza mengatakan bahwa acara ini diinisiasi sebagai wadah bagi mahasiswa Matematika dan Aktuaria angkatan 2023 untuk dapat bekerja sama serta menjalin keakraban. Selain itu, acara ini merupakan suatu upaya meningkatkan semangat siswa SMA agar melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, serta dapat mengenalkan kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari.

Sesi talkshow menghadirkan Dr. Aditya Purwa Santika, S.Si., M.Si. dari Kelompok Keahlian Matematika Kombinatorika, FMIPA ITB sebagai narasumber. Topik yang dibawakan adalah “Matematika dalam Permainan”. Beliau menjelaskan bahwa dalam setiap permainan terkandung matematika di dalamnya.

Dr. Aditya memberikan contoh permainan ular tangga. Menurutnya, ular tangga mengajarkan pemahaman mengenai angka, operasi penjumlahan dan pengurangan, juga peluang.

Pada talkshow ini, terjadi diskusi aktif antara narasumber dan peserta yang saling berbagi pengalaman selama bermain game juga kaitannya dengan matematika. “Ilmu matematika itu bisa diaplikasikan ke hal-hal yang menyenangkan, salah satunya game itu sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa matematika dapat menjelaskan sesuatu yang sangat kompleks menjadi mudah dipahami.” ucap Dr. Aditya.

Selanjutnya dilakukan sharing session dengan siswa SMA terkait kehidupan perkuliahan, tips dan trik masuk ke ITB, serta perkenalan jurusan matematika juga aktuaria.

Pameran Mathiverse di Gedung TVST, Minggu (22/9/2024). (ITB/Chysara Rabani)

Selain talkshow, acara ini memiliki pameran yang terdiri atas berbagai stan di dalamnya. Stan yang menjadi favorit peserta adalah stan bedah soal. Di stan tersebut, peserta dapat meminta penjelasan soal matematika yang dirasa sulit untuk dipecahkan. Selain itu, terdapat stan lain di antaranya stan karier dalam matematika, math in real life, serta games.

Acara ini juga memiliki pre-event yaitu mengunjungi empat SMA di Kota Bandung. Kunjungan tersebut diisi dengan pemberian materi mengenai urgensi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Siswa SMA yang dikunjungi ke sekolahnya turut hadir pada acara Mathiverse.

Kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi stigma negatif yang beredar di masyarakat mengenai matematika. “Harapannya, acara ini juga dapat membuat angkatan kami lebih solid dan menjalin kerja sama dengan baik supaya lebih terasa kekeluargaannya.” ujar Malfaya.

Reporter: Chysara Rabani (Teknik Pertambangan, 2022)


scan for download