Membanggakan, Mahasiswa SF ITB Meraih Juara 2 dalam Review Article Competition pada Ajang Kompetisi IPSF

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

BANDUNG, itb.ac.id- Mahasiswa Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (SF-ITB), Hirzi Nugraha Supriadi, berhasil meraih juara 2 Review Article Competition yang diselenggarakan bulan Maret 2024 oleh International Pharmaceutical Student Federation (IPSF).

Mahasiswa yang kerap dipanggil Hirzi ini merupakan mahasiswa tingkat tiga Sekolah Farmasi yang berasal dari Medan, Sumatera Utara. Sosok yang pernah menjadi Wakil Ketua Bidang Internal Himpunan Mahasiswa Farmasi ‘Ars Praeparandi’ ini menuturkan bahwa ia menyukai hal-hal yang baru. Selain aktif dalam kegiatan himpunan, ia juga mampu membuktikan dapat menoreh prestasi yang cemerlang.

Hirzi mengungkapkan bahwa ia tak menyangka bisa menang di percobaan pertama lomba review artikelnya. Sebelum ini dia belum pernah mengikuti lomba semacam ini. Namun pada kesempatan pertamanya ini, dia mampu maju sebagai pemenang kedua. Hal ini pun karena memang dia tertarik dengan hal-hal baru, sehingga membuatnya yakin mengikuti ajang tersebut.

Dia mengakui mendapatkan informasi mengenai Review Article Competition melalui grup himpunannya.

Review artikelnya yang berjudul Advances in Novel Topical Drug Delivery System berhasil menarik perhatian para juri kompetisi tersebut. Topik yang menarik dan berisikan informasi dari sumber terbaru pada 3 tahun terakhir membuatnya menonjol daripada yang lain.

Meski begitu, Hirzi mengungkapkan bahwa terdapat tantangan di dalam proses pembuatan review artikelnya. Hirzi mengaku dia memiliki kendala dengan Bahasa Inggris, yang jarang dia gunakan. Dia pun sempat merasa terlambat dalam proses penulisan artikel.

Selain itu, dia pun tidak mengetahui adanya perpanjangan waktu yang diberikan dalam penulisan artikel, sehingga dia menyelesaikan tulisannya dengan terburu-buru.

Hirzi juga memberikan kisah yang tak terlupakan saat pengerjaan artikelnya. Dia bercerita pernah mengerjakan review artikel tersebut di kedai pinggir jalan sembari menunggu waktu berbuka. Perjuangannya pun pada akhirnya menjadi hal manis yang ia kenang dalam meraih keberhasilannya.

“Strategi yang cukup membantu itu adalah membuat timeline lomba supaya disiplin dan konsisten dalam mengerjakan karya lombanya. Pastikan sumber yang digunakan, dan manfaatkan sumber-sumber yang kredibel, dan gunakan cara yang lebih advanced untuk mencari dengan kata kunci," ungkapnya pada Rabu (12/6/2024).

Dengan titik awal prestasinya tersebut, Hirzi berharap dapat memenangkan lomba lagi pada kesempatan perlombaan berikutnya. Dalam waktu dekat fokusnya ia habiskan untuk menyelesaikan magang dan mengisi waktu liburan dengan mencari info lebih lanjut mengenai lomba-lomba.

Hirzi berpesan kepada teman-temannya sesama mahasiswa untuk aktif mengikuti lomba selagi bisa. Dia pun berharap prestasinya ini dapat memberikan inspirasi bagi sekitarnya.

Reporter: Devi Berliana Pratiwi (Sains dan Teknologi Farmasi, 2021)


scan for download