Ngobras HCM ITB: Aku, Kamu, dan ITB Mau dibawa ke Mana?

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami


BANDUNG, itb.ac.id—Sesuai dengan rencana strategis (renstra) tahun 2021 - 2025, Institut Teknologi Bandung (ITB) kini tengah mengupayakan transformasi berkelanjutan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dengan menerapkan sistem human capital management (HCM). Upaya tersebut pun telah mulai dibangun dan disosialisasikan sejak pertengahan tahun ini.

Managing Director MTI HR Consulting yang juga menjadi konsultan HCM ITB, Irwan Rei mengatakan, setiap organisasi tentu memiliki visi (tujuan) berupa kondisi ideal yang diharapkan. Untuk itu, transformasi diperlukan apabila pertama dirasa ada gap antara kondisi saat ini dengan kondisi ideal, serta; kedua dirasa apa yang dilakukan saat ini tidak cukup efektif dan efisien untuk memperkecil atau menutup gap tersebut.

“Bukan berarti apa yang sekarang dilakukan tidak baik, namun transformasi dilakukan untuk memperkuat dan memperbaiki sistem yang ada,” ujarnya dalam acara Ngobrol Bareng Santai Human Capital Management (NGOBRAS HCM): Aku, Kamu, dan ITB: Mau dibawa kemana? pada Jumat (3/12/2021).

Irwan melanjutkan, dalam Manajemen Kinerja, transformasi HCM tentunya memberikan manfaat bagi ITB. Sebagai Perguruan Tinggi dengan visi “Menjadi Perguruan Tinggi yang unggul, bermartabat, mandiri, dan diakui dunia serta memandu perubahan yang mampu meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dan dunia”, tentunya usaha untuk mencapai visi tersebut memerlukan instrumen kerja yang terencana.

Sehingga,m lanjutnya, transformasi yang sedang berjalan diharapkan dapat memperkuat proses perwujudan visi tersebut. Selain pada organisasi, manfaat juga dapat dirasakan kembali pada diri kita sendiri sebagai sumber daya penggerak, terwujudnya visi akan memberikan timbal balik bagi SDM organisasi dalam bentuk pengembangan diri, kompensasi, dsb.

Acara berbentuk talkshow tersebut mengundang narasumber lainnya yaitu Prasanti Widyasih Sarli (Asih), Dosen Muda FTSL ITB, serta Andhy Widodo, Tenaga Kependidikan (tendik) ITB di UPT Pengembangan SDM ITB. Talkshow hangat tersebut dipandu oleh Hendhy Nansha (Dede) selaku dosen dari Fakultas Seni Rupa dan Desain (FRSD) ITB.

NGOBRAS HCM ITB sendiri diharapkan dapat menjadi cara segar untuk memberitakan transformasi HCM yang sedang berjalan di ITB. Selain talkshow yang ringan namun berbobot, acara tersebut juga diramaikan dengan penampilan dari Juara Stand Up Comedy ITB: Dekan STEI ITB, Dr. Tutun Juhana, S.T, M.T., serta dimeriahkan dengan Quiz dan Doorprize berhadiah.

Reporter: Mochamad Daffa (Manajemen, 2022)
Sumber: Rilis Tim HCM ITB


scan for download