Pelepasan 340 Mahasiswa untuk KKN-D di Purwakarta, Wujud Nyata Pengabdian ITB untuk Masyarakat

Oleh Anggun Nindita

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITB (Per 1 Agustus 2024 menjadi Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat ITB), kembali menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata Karsa Desa (KKN-D) yang dilaksanakan mulai 6 Agustus- 27 Agustus 2024.

Acara pelepasan KKN-D diselenggarakan pada Selasa (6/8/2024) di Sasana Budaya Ganesa (Sabuga) dan dihadiri oleh Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D. Sementara itu, kegiatan pembukaan KKN-D dilaksanakan pada hari yang sama di Pendopo Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Pada tahun ini kegiatan KKN-D diikuti oleh 340 orang mahasiswa yang terbagi ke dalam 17 kelompok. Adapun tema program yang akan dilaksanakan antara lain infrastruktur, sanitasi, desa wisata, air bersih, Bisnis, energi, irigasi, pertanian, dan kelembagaan. Kegiatan KKN-D akan berlangsung di Desa Parungbanteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta.

Acara ini dibuka oleh sambutan Ketua DRPM ITB, Dr. Ir. Yuli Setyo Indartono. Beliau menyampaikan pentingnya KKN sebagai salah satu wujud pengabdian masyarakat yang sejalan dengan Tridarma Perguruan Tinggi. Melalui KKN, mahasiswa tidak hanya mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh, tetapi juga membangun relasi yang erat dengan masyarakat serta berkontribusi dalam memecahkan permasalahan di tingkat lokal.

"Hal ini sejalan peran ITB sebagai locally relevant, globally respected," ujarnya.

Senada dengan Dr. Yuli, Rektor ITB pun menekankan pentingnya kegiatan KKN dalam meningkatkan reputasi ilmiah di ITB. “Reputasi dan jaringan adalah aset berharga bagi ITB," ucapnya.

Prof. Reini juga berharap KKN dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi dan memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat.

“Saya menyaksikan sendiri bagaimana karya mahasiswa ITB ini dirasakan manfaatnya dan berkesan bagi masyarakat setempat. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa KKN ITB telah memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan berhasil membangun citra positif bagi institusi," tuturnya.

Dengan semakin banyaknya mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan KKN, diharapkan ITB dapat memberikan kontribusi yang lebih besar lagi bagi pembangunan bangsa. KKN tidak hanya menjadi ajang untuk mengimplementasikan ilmu pengetahuan, tetapi juga menjadi wadah untuk membentuk karakter mahasiswa menjadi pemimpin yang peduli dan bertanggung jawab.


scan for download