Peringatan 20 Tahun Inovasi dan Kolaborasi Internet @ ITB dan AI3 #1: Meeting Program

Oleh Holy Lovenia

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung menggelar rangkaian "20th Anniversary Internet @ ITB" pada Senin-Rabu (04-06/09/16). Acara tersebut dibagi menjadi 2 program besar, yaitu Meeting Program yang bertempat di Gedung CRCS ITB pada Minggu (04/09/16) dan Aula Timur ITB pada Senin (05/09/16), dan dilanjutkan dengan Conference Program yang diselenggarakan di Aula Timur ITB pada Selasa (06/09/16). Rangkaian acara ini adalah merupakan bentuk perayaan atas penggunaan internet ITB yang sudah berlangsung selama 20 tahun. Untuk mengisi peringatan hari jadi tersebut, diadakan juga berbagai presentasi dan workshop mengenai teknologi jaringan dan aplikasi.

Meeting Program

Pada Minggu (04/09/16), rapat antara AI3 dan SOI Asia diselenggarakan sejak pukul 09.00-17.00. Sedangkan pada Senin (05/09/16), acara dibuka dengan kata sambutan dari Prof. Kadarsah Suryadi selaku Rektor ITB dan Prof. Jun Murai sebagai ketua dari Asian Internet Interconnection Initiatives (AI3) dan School on Internet (SOI) Asia juga Kepala Fakultas Lingkungan dan Informasi di Keio University. Selanjutnya, perwakilan dari Keio University, yaitu Prof. Jiro Kikuryo sebagai Wakil Presiden Keio University, memberikan ucapan selamat dan menyampaikan pernyataannya tentang MOU Addenum. Acara berikutnya adalah seremoni penandatanganan MOU Addenum oleh ITB dan Keio University. Setelah itu, dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang "Internet development in Asia and the World" dan diskusi panel bertajuk "Future of Internet / REN" oleh Prof. Jun Murai.

Setelah itu, Dr. Ir. Achmad Affandi, DEA sebagai perwakilan dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Ketua Komite Ad Hoc untuk NREN Indonesia memberikan presentasi yang berjudul "The development of Indonesia NREN". Kemudian, acara disambung dengan presentasi "Indosat Network Services (Connectivities) for Universities" yang dibawakan oleh Herfini Haryono selaku Direktur Enterprise and Wholesale Indosat dan diskusi panel bertopik "Indonesia NREN, What's Next?" yang dimoderatori oleh Dr. Ir. Achmad Affandi, DEA.

Pada pukul 15.30, pembukaan dari AI3 dan SOI Asia Anniversary Event diselenggarakan dan dibuka dengan kata sambutan dari Prof. Jun Murai. Beliau juga memberikan apresiasi untuk Mr. Mitsutoshi Akao sebagai Direktur Pelaksana, Deputy Group President Space & Satellite Business Group, SKY Perfect JSAT Corporation. Setelah itu, Mr, Mitsutoshi Akao mewakili SKY Perfect JSAT Corporation dalam menyampaikan kata sambutan. Kemudian, Prof. Jun Murai, Prof. Kanchana Kanchanastut, dan Prof. Tsukasa Ogasawara mengadakan acara untuk mengenang Suguru Yamaguchi. Selanjutnya, acara tersebut ditutup dengan diskusi panel bertajuk "Global Collaborations in Education and Technology" yang dimoderatori oleh Prof. Jun Murai.


scan for download