Pre-Departure Briefing, Bekali Mahasiswa ITB Peserta IISMA dan SEA

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id – Biro Kemitraan Institut Teknologi Bandung (ITB) Subbagian Mobilitas Internasional menggelar “Pre-Departure Briefing” di Galeri Campus Center (CC) Timur, ITB Kampus Ganesha, Selasa (21/5/2024). Acara ini diikuti mahasiswa yang akan melakukan perkuliahan di luar negeri pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025.

Kepala Biro Kemitraan ITB, Prof. Dr. Taufik Hidayat menyampaikan pentingnya bersungguh-sungguh dalam menjalani program Semester Exchange Abroad (SEA) dan Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Beliau berpesan agar mahasiswa mempersiapkan diri untuk segala keperluan teknis dan nonteknis yang kemungkinan dibutuhkan saat berkuliah di luar negeri.

   

Sementara itu, Kepala Bagian Urusan Mobilitas Internasional, Dr. Annisa Jusuf, S.T., M.T., memberikan pembekalan dan penjelasan tentang SEA dan IISMA di ITB. Beliau memaparkan tentang urusan akademik dan nonakademik yang harus diperhatikan sebelum keberangkatan, mempersiapkan dokumen perjalanan dengan baik, serta menjaga kesehatan baik fisik dan mental saat tinggal di luar negeri.

Beliau menekankan agar para peserta mau belajar tata krama dan budaya negara yang akan ditempati. Hal ini menjadi bekal yang penting untuk bertahan hidup dan berinteraksi dengan baik. “Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung,” pesannya.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa juga diberikan pembekalan konseling oleh Bimbingan Konseling (BK) Ditmawa ITB. Mereka menerima materi mengenai cara agar dapat menyesuaikan diri di negara asing, baik dari segi sosial hingga hal lainnya yang disampaikan Abdul Ghoni Sulton Chamdun, M.Psi., Psikolog. Beliau menyarankan, ketika di negeri asing, mahasiswa dapat memilih aktivitas dan hobi positif, mengikuti job community, dan lain-lain. Hal tersebut diharapkan dapat mengantisipasi homesick (kangen rumah).

Setelah itu, peserta melakukan praktik butterfly hug, 478, 5 fingers, dan brain gym, yang merupakan tindakan sederhana kepada diri sendiri ketika merasa tidak nyaman. Seluruh peserta mempraktikan keempat teknik tersebut untuk dapat mengerti sendiri manfaatnya secara langsung.

   

Acara dilanjutkan dengan sharing session bersama alumnus IISMA, yakni Angela Sunaryo, Bagas Irfan Nur Rizki, dan Joshua Theodore Setiawan. Mereka menceritakan mengenai kehidupan akademik, kebiasaan sehari-hari, hingga hal-hal sulit yang dilewati ketika mengikuti program tersebut. Perbedaan benua di negara tujuan ketiganya, Angela di Eropa, Bagas di Asia, dan Joshua di Amerika, diharapkan memberi pelajaran yang beragam bagi calon peserta tahun ini.

Reporter: Putri Nur Azizah (Teknik Geodesi dan Geomatika, 2021)


scan for download