Prof. Tjandra Setiadi Jadi Pembicara Tamu pada IWA Conference 2011

Oleh Ria Ayu Pramudita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Prof. Dr. Tjandra Setiadi, Dosen Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITB yang berasal dari Kelompok Keilmuan Perancangan dan Pengembangan Produk Teknik Kimia, diundang sebagai Pembicara Tamu pada International Water Association (IWA) Conference 2011: Cities of the Future. Konferensi tersebut diadakan di Xian, Cina pada Kamis - Minggu (15-18/09/11).

Pada konferensi yang berlangsung di People's Hotel, Xian, Cina, Prof. Tjandra menyampaikan makalah yang berjudul 'Indonesia Climate Change Adaptation Strategies on Water Urban Sectors'. Selain Prof. Tjandra, terdapat sejumlah profesional lain yang datang dari berbagai negara yang berpartisipasi sebagai pembicara pada acara tersebut.

International Water Association (IWA)

IWA adalah sebuah organisasi global water professional yang didirikan pada 1999. Cakupannya antara lain adalah penelitian, aplikasi, serta semua aspek dari siklus air. Saat ini IWA telah memiliki lebih dari 13.000 anggota dari lebih dari 100 negara. Tujuan dari pembentukan organisasi ini adalah untuk membantu pada water professionals untuk menciptakan motivasi serta solusi pragamatis dan berkelanjutan untuk kebutuhan yang ada. Para anggota IWA berkolaborasi untuk mempromosikan pengembangan dan implementasi pendekatan yang inovatif dan efektif untuk pengelolaan air.

Kekuatan IWA terletak pada keragaman profesional dan geografis dari keanggotaannya yang global, termasuk di antaranya para peneliti akademik dan pusat-pusat penelitian, utilitas, konsultan, regulator, pengguna air industri, serta produsen peralatan air. Masing-masing anggota IWA mewakili komunitas terdepan dalam bidang keahlian masing-masing, dan bersama-sama mereka membangun batas baru dalam penelitian dan pelaksanaan air dan teknologi pengolahan air limbah, dalam kerangka siklus air secara total.

Sumber: FTI ITB


scan for download