QS WUR 2025: ITB Raih Peringkat 256 Dunia

Oleh Anggun Nindita

Editor Vera Citra Utami

BANDUNG, itb.ac.id - QS World University Rankings (WUR) baru-baru ini telah merilis peringkat universitas dunia tahun 2025. Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai salah satu perguruan tinggi di indonesia yang berkomitmen untuk terus berada di jajaran perguruan tinggi kelas dunia, berhasil meraih peringkat 256 dunia dengan total 39,9 poin. Capaian ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang berada di peringkat 281.

Berdasarkan keterangan resmi dari QS WUR, ITB mendapatkan kenaikan sebanyak 25 peringkat. Skor WUR sendiri berdasarkan enam indikator yang meliputi reputasi akademik (academic reputation), reputasi pemberi kerja (employer reputation), hasil ketenagakerjaan (employment outcomes), rasio mahasiswa fakultas (faculty student ratio), sitasi penelitian per fakultas (citations per faculty), rasio dosen/pengajar non Indonesia (international faculty ratio), mahasiswa internasional (international student ratio), jaringan penelitian internasional (international research network), dan sustainability.

Sebagai informasi, pada tahun 2024, ITB pun mendapatkan peringkat nomor 1 QS World University Rangkings (WUR): Sustainability, sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Menurut rilis resmi dari QS WUR: Sustainability 2024, ITB menjadi peringkat pertama perguruan tinggi di Tanah Air. Kemudian peringkat nomor 74 di skala Asia, serta urutan ke 389 secara keseluruhan untuk di tingkat global.

QS WUR sendiri merupakan pemeringkatan perguruan tinggi, yang telah melibatkan 5.663 institusi pendidikan yang berada di 106 lokasi di seluruh dunia.

Dengan adanya pemeringkatan QS WUR ini, menandakan bahwa ITB masih berada di jajaran universitas terbaik di Indonesia. ITB pun akan terus berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan dan melahirkan sumber daya yang unggul yang mampu bersaing di kancah global.


scan for download