Roadshow Trust by Danone
Oleh Krisna Murti
Editor Krisna Murti
Selasa, 22 November 2006 Danone Indonesia mengadakan Roadshow ke kampus ITB untuk menyosialisasikan permainan strategi bisnis "Trust By Danone". Hadir dari pihak Danone, Gemini, Manajer Sumber Daya Manusia Danone, berserta rekan-rekannya. Dalam sosialisasi ini Danone memberikan wawasan bukan hanya mengenai permainan strategi bisnis tersebut, tapi juga mengenai filosofi Danone. "Danone Way" yang intinya bisnis Danone bukan hanya berorientasi pada mendapatkan uang, tapi juga memberikan manfaat sosial, diungkap oleh Gemini sebagai salah satu hal yang patut dipelajari dalam mempersiapkan diri mengikuti permainan Trust by Danone. "Danone bukan trademark tapi trustmark," kata Gemini mengutip ucapan CEO Danone International.
Trust by Danone adalah permainan strategi bisnis yang diinisiasi oleh Danone dan kini memasuki tahun keempat. Peserta permainan ini hanya dibatasi dari lima universitas di Indonesia, yaitu: Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, PPM, Universitas Airlangga, dan Universitas Gadjah Mada. Peserta dalam kelompok yang terdiri dari lima orang harus mendaftarkan diri untuk mengikuti permainan ini via online. Dari setiap universitas akan dipilih tiga tim terunggul berdasarkan aplikasi online tersebut. Kelima belas tim yang lolos seleksi tersebut akan mengikuti Trust Day, di mana mereka akan bertanding dalam simulasi bisnis, memperebutkan "trust" (kepercayaan) pelanggan.
Dari lima belas tim yang bertanding, akan tersaring satu tim terunggul dari masing-masing perguruan tinggi. Lima tim ini akan mengikuti 'Country Final' dengan mempresentasikan strategi bisnis mereka di hadapan direksi Danone Indonesia. Tim dengan skor tertinggi dalam 'Country Final' ini akan mewakili Indonesia untuk dikirim ke Prancis untuk bertanding melawan puluhan wakil Trust by Danone negara lain.