Satgas Aplikasi AI, Komitmen ITB dalam Transformasi Tridarma

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id – Direktorat Pengembangan Pendidikan, Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar Webinar AI for Educators, Jumat (21/6/2024). Kegiatan ini sebagai langkah awal ITB menyikapi teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk menerapkan dan mengoptimalkan proses tridarma perguruan tinggi di ITB.

Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., membuka Webinar AI for Educators. Beliau menyampaikan bahwa ITB membentuk Satgas Aplikasi AI dalam transformasi tridarma ITB. Hal itu sehubungan dengan kebutuhan peningkatan kapasitas dosen dalam bidang AI dan pengajaran/tridarma berbasis teknologi.

Satgas tersebut merupakan “kelompok pelopor” yang terdiri atas dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa, yang melibatkan para peneliti di Pusat AI ITB dan bekerja dalam koordinasi Direktorat Pengembangan Pendidikan ITB. Satgas ini akan melakukan eksplorasi berbagai potensi aplikasi AI dalam aktivitas sehari-hari sivitas akademika, yang kemudian menyusun rekomendasi bagi ITB untuk implementasi komprehensif di tingkat institut.

Satgas akan bekerja dengan mekanisme berbentuk insentif hibah pengajaran, kebututuhan akan pelatihan, dan pemberian akses terhadap software AI. Satgas ini mulai bekerja pertengahan Juni 2024 dan bekerja selama 4 bulan.

Prof. Reini mengatakan, adanya satgas ini telah dipikirkan sejak enam bulan lalu dengan tujuan bahwa sivitas akademika ITB harus selalu adaptif dan mengeksplorasi AI untuk mempermudah dan mengoptimalkan kualitas pendidikan di ITB.

“Inilah komitmen ITB untuk ‘merangkul’ teknologi ini (AI) untuk perbaikan atsmosfer akademik ITB secara komprehensif,” katanya.

Dalam webinar ini, terdapat lima narasumber yang menyampaikan masing-masing materinya, antara lain:

Prof. Dr. Ir. Bambang Riyanto Trilaksono: AI dan Perannya dalam Pembelajaran

Prof. Dr. Yasraf Amir P., M.A.: Kecerdasarn Buatan (AI), Manusia, dan Kebudayaan

Prof. Intan Ahmad Musmeinan, Ph.D.: Pendidikan Tinggi di Era Kecerdasan Buatan: Tantangan dan Solusi

Dr. Ir. Dimitri Mahayana, M.Eng.: Memasuki Era "Humas over AI"

Dr.Eng. Ayu Purwarianti, S.T., M.T.: Contoh Konkret Penerapan AI di Perguruan Tinggi

Reporter: Andri Maulana (Tambang, 2020)


scan for download