Sebanyak 260 Mahasiswa Siap Berkompetisi dalam ONMIPA Perguruan Tinggi di ITB

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng.

BANDUNG, itb.ac.id—Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi tuan rumah perhelatan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA) Perguruan Tinggi 2023. Pembukaan kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Multipurpose Hall Lantai 3, Gedung CRCS ITB, Selasa (13/6/2023).

Kegiatan pembukaan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng., Wakil Dekan Bidang Akademik Prof. Dr. Rukman Hertadi, S.Si., M.Si., Ketua Pelaksana ONMIPA Nasional 2023 Dr. Deana Wahyuningrum, S.Si., M.Si., dan Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Asep Sukmayadi, S.IP., M.Si.

Kompetisi nasional tahunan ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia dan akan berlangsung selama lima hari.

“Setelah seleksi di tingkat wilayah, yang dilaksanakan secara daring, dari sekitar 2.500 peserta telah terpilih 260 peserta dari 4 bidang keilmuan yang diujikan dalam ONMIPA PT tahun 2023, yaitu Bidang Biologi, Fisika, Kimia, dan Matematika,” jelas Dr. Deana saat menyampaikan laporan Ketua Pelaksana ONMIPA PT 2023.

Setelah penyampaian laporan oleh Ketua Pelaksana ONMIPA, kegiatan pembukaan dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Prof. Dr. Rukman Hertadi, S.Si. Dalam sambutannya, Prof. Rukman menyampaikan pentingnya bidang Sains dalam perkembangan berbagai teknologi. Selain itu, ia juga menyampaikan harapan untuk seluruh peserta ONMIPA.

“Jangan hanya sekedar lomba. Pesan saya manfaatkan event ini untuk membentuk jaring-jaring kerja sama,” ungkap Prof. Rukman dalam sambutanya.
Sementara itu, Asep Sukmayadi, S.IP, M.Si., menyampaikan kepada peserta untuk menjadikan ONMIPA ini sebagai ajang untuk saling berbagi inspirasi.
ONMIPA tahun ini dibuka secara langsung oleh Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring. Ia menyebutkan bahwa kegiatan kompetisi ini diharapkan mampu melatih softskill bagi para peserta.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng., membuka lomba ONMIPA PT 2023 secara simbolis.

“Kemampuan untuk rendah hati, kemampuan untuk bekerja sama, hal-hal soft skill yang akan sulit diperoleh melalui kurikulum itu akan bisa didapatkan dari kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler seperti ini,” sambut Prof. Jaka.

Reporter: Arif Hermawan (Teknik Sipil, 2021)

Foto: Adi Permana (Humas ITB)


scan for download