Seminar CV dan Interview FTTM ITB: Memperkaya Wawasan Menghadapi Dunia Kerja

Oleh Christanto

Editor Christanto

BANDUNG, itb.ac.id - "Arahkan kebutuhan anda dalam menghadapi dunia kerja, buat CV semenarik mungkin, dan berikan first impression yang baik," papar Sophie Oktaviani sebagai pembicara dalam Seminar CV dan Interview yang diadakan oleh empat himpunan mahasiswa di Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) ITB. Dengan paparan yang santai namun mengena, seminar tersebut mengemukakan berbagai kiat-kiat yang dibutuhkan seorang fresh graduate dalam mempersiapkan Curriculum Vitae (CV) dan interview kerja.
Menurut Sophie, ketika sebuah perusahaan membuka kesempatan kerja bagi fresh graduate, perusahaan tersebut memiliki kriteria-kriteria umum yang diinginkan. Kemampuan berkomunikasi merupakan hal yang paling penting dibanding kriteria lainnya. "Kemampuan tersebut akan menggambarkan bagaimana kita mempertahankan argumen, membentuk team work, dan menyampaikan ide," ungkapnya.

Setelah memiliki kemampuan tersebut, seorang pelamar juga harus menunjukkan keinginan untuk bergabung dan memiliki pengetahuan terhadap perusahaan tersebut. Prestasi akademik juga penting dalam menentukan keberhasilan diterima, tapi bukan merupakan kriteria utama dalam menentukan kesempatan kerja. "Perusahaan pada umumnya tidak terlalu menimbang IP yang diperoleh, tapi lebih ke kemampuan berkomunikasi," tambah Sophie.

CV Menarik

Membaca CV merupakan salah satu cara yang dilakukan perusahaan untuk menilai kualifikasi yang dimiliki seorang pelamar. Sophie menekankan bahwa inti dari mempersiapkan CV adalah untuk "mempromosikan" diri sehingga setiap pelamar kelihatan lebih unggul dibanding yang lain. "Selling yourself in a good way," katanya.

Dalam menulis sebuah CV, ia berpesan agar kualifikasi yang dicantumkan senantiasa berfokus pada skill atau pengalaman yang relevan dengan bidang kerja nantinya. "Tuliskan semuanya tapi mulai dari yang paling relevan," paparnya. Setelah CV selesai ditulis, hal yang tak kalah penting menurut Sophie adalah memastikan kembali bahwa CV yang ditulis sesuai dengan kriteria seleksi yang ditetapkan oleh perusahaan.

Menjadi Bintang

Interview menjadi hal lain yang sangat menentukan peluang seseorang diterima di suatu perusahaan yang diinginkan. Menurut Sophie, seorang pelamar harus memiliki pengetahuan tentang perusahaan yang dipilihnya sebelum melakukan interview. "Dengan demikian, kita menjadi mampu untuk mempersiapkan pertanyaan yang relevan untuk diajukan ketika interview," tambahnya.

Selain itu, selalu bersikap tenang, percaya diri, dan tidak malu menjadi hal mendasar dalam menunjang kelancaran sewaktu proses interview. "Jadilah diri sendiri, jadilah bintang ketika anda diinterview," ungkap Sophie.

scan for download