Studium Generale ITB: Peran Penting Komponen Cadangan untuk Upaya Bela Negara

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali menggelar kuliah umum Studium Generale KU-4078 pada Rabu (27/4/2022). Pada kesempatan kali ini, ITB mengundang Direktur Sumber Daya Pertahanan, Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan, Brigjen TNI Farid Amran, S.H.

Sosok penting dalam pertahanan Negara Indonesia itu menyosialisasikan UU No. 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara yang berfokus pada pembentukan Komponen Cadangan (Komcad). Brigjen Farid mengajak mahasiswa ITB untuk daftar menjadi Komcad.

Komcad adalah pasukan cadangan militer atau sebuah organisasi militer yang disiapkan untuk dikerahkan membantu memperbesar kekuatan dan kemampuan Komponen Utama dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI, yang di dalamnya mencakup segenap Sumber Daya Manusia (SDM), Sumber Daya Buatan (SDB), Sumber Daya Alam Buatan (SDAB), serta sarana dan prasarana nasional.

Undang-Undang telah mengatur pembentukan Komcad oleh Kementerian Pertahanan RI yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945 pasal 27 ayat 3 dan pasal 30 ayat 1, Undang-Undang Republik Indonesia tahun 1999 No. 56 tentang Rakyat Terlatih, dan Undang-Undang No. 3 tahun 2002 pasal 7 ayat 2 tentang Pertahanan Negara.

Komcad dapat dibagi ke dalam tiga bagian utama, Komponen Cadangan Matra Darat, Matra Laut, dan Matra Udara. Tidak semua orang dapat terkualifikasi untuk menjadi bagian dari Komcad. Terdapat empat tahapan yang harus dilalui, pendaftaran, seleksi, pelatihan dasar kemiliteran, dan penetapan. Seleksi ketat mulai dari seleksi administratif dan seleksi kompetensi dilakukan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten.

“Materi seleksi kompetensi meliputi uji kesehatan, kemampuan, sikap, dan pengetahuan. Nantinya calon anggota Komcad wajib untuk mengikuti pelatihan dasar kemiliteran,” paparnya. Batas usia pendaftaran Komcad adalah 18-35 tahun dengan syarat tidak memiliki catatan kriminalitas dengan masa pengabdian dibatasi hingga usia 48 tahun.

Calon Komcad yang berhasil lulus seleksi akan mendapatkan uang saku selama pelatihan, tunjangan operasi pada saat mobilisasi, perawatan kesehatan, pelindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian, serta penghargaan. Tidak hanya itu, berdasarkan surat KEMENRISTEKDIKTI Nomor 6246/DM.00.01/2021, Komcad termasuk ke dalam program Kampus Merdeka - Merdeka Belajar sehingga kegiatan selama 12 minggu atau 600 jam dapat dikonversi menjadi 13 - 20 SKS.

Pendaftaran Komponen Cadangan dapat diakses melalui laman: https://komcad.kemhan.go.id/komcad/

Reporter: Andrew Benaldo Adikara (Teknik Pangan/FTI, 2020)


scan for download