Tim XO ITB Juara 1 Paper and Poster Competition GTA UPNVY 2024

Oleh Nasywa Hafizh Pandyanayaka - Mahasiswa Teknik Geologi, 2022

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Dua mahasiswa Teknik Geologi, Insitut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2022, Muhammad Farul Ridho Awaluddin dan Wenny Yusvicka, menorehkan prestasi gemilang sebagai Juara 1 dalam Paper and Poster Competition yang digelar Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi "PANGEA" UPN "Veteran" Yogyakarta (UPNVY), Minggu (1/9/2024).

Kompetisi geologi tahunan yang diadakan oleh Teknik Geologi UPN “Veteran” Yogyakarta, Geology Total Action (GTA), tahun ini diadakan dengan tema “Optimizing Potential Geological Resources for Establish a Sustainable Energy Future”.

Tim yang terdiri atas dua orang ini memilih topik analisis statistika untuk hidrogeologi berupa analisis unsur As, Fe, dan Mn yang berguna untuk mengetahui kualitas air sehingga dapat memahami dan melakukan mitigasi terkait asal sumber pencemaran di dataran rendah Sumatra Selatan.

Dimulai sejak bulan Mei, tim ini sudah melakukan pengiriman abstrak sebagai seleksi awal, dilanjutkan dengan pengiriman full paper pada Agustus. Pada tahap final, terdapat sepuluh tim yang melakukan presentasi secara luring dan mengikuti Awarding Night di kampus UPN “Veteran” Yogyakarta.

   

Salah satu anggota Tim XO, Farul, turut berbagi tips selama kompetisi, “Mungkin tipnya melakukan analisis menyeluruh untuk lomba geologi seperti ini, kuatkan juga basic knowledge geologinya karena pertanyaannya tidak hanya seputar apa yang kamu analisis di paper, tetapi juga korelasinya serta pengetahuan dasar,” ujarnya.

Sempat mengalami kemunduran dan hambatan dari timeline yang telah dibuat, tim ini tetap berusaha sebaik mungkin dalam persiapan kompetisi. Tim XO juga sempat meminta materi tambahan kepada kakak tingkat sejurusan untuk memperdalam pengetahuan.

“Senang banget sih atas lomba ini, nggak expect bisa dapat juara pertama. Harapannya semoga bisa menjadi ilmu yang berguna buat kami dan bisa terus meningkatkan kualitas diri lewat lomba-lomba lain dan hasil akademik,” katanya.

Reporter: Nasywa Hafizh Pandyanayaka (Teknik Geologi, 2022)


scan for download