Usung Analisis Unsur dengan Software Geologi, Mahasiswa ITB Juara 2 Paper and Poster Competition GTA UPNVY 2024

Oleh Nasywa Hafizh Pandyanayaka - Mahasiswa Teknik Geologi, 2022

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Tiga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang tergabung dalam Tim LateritsNih meraih prestasi sebagai juara 2 dalam Paper and Poster Competition GTA 2024 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi "PANGEA" UPN Veteran Yogyakarta (UPNVY), Minggu (1/9/2024).

Tim LateritsNih yang beranggotakan Kelvin Andika Putra (Teknik Geologi, 2022), Rafi Shafwan Subiyanto (Teknik Geologi, 2022), dan A. Zaky Aditya (Teknik Geologi, 2022), menyabet juara dua kompetisi karya tulis ilmiah dengan mengusung tema Geologi Ekonomi dan Mineral.

Perlombaan yang telah dipersiapkan sejak tiga bulan lalu ini telah melalui berbagai tahap seperti pengumpulan abstrak, pengumpulan full paper dan poster, pengumpulan power point, dilanjutkan presentasi secara luring bagi para finalis di UPNVY, dan diakhiri dengan Awarding Night pada 1 September 2024.

Salah satu anggota tim, Kelvin Andika Putra, mengatakan, “Untuk mencapai tahapan finalis itu ada 10 tim termasuk tim saya dan 10 finalis tersebut berasal dari kampus yang berbeda.”

   

Dalam kompetisi kali ini, tim LateritsNih memilih untuk membahas potensi nikel laterit termasuk karakteristik pengayaan, penyebaran, faktor yang memengaruhi konsentrasi nikel, hingga arah penyebarannya menggunakan berbagai tools software geologi. Selain itu, Sulawesi Tengah dipilih sebagai wilayah penelitian karena secara tektonik memiliki keterdapatan ofiolit yang berimplikasi terhadap pengayaan nikel laterit.

Kelvin memberikan tips dan pengalamannya dalam kompetisi kali ini, “Dengan memperbanyak baca paper lalu memperbanyak diskusi untuk menentukan problem dan memecahkan masalah tersebut. Untuk presentasinya, tingkatkan kepercayaan diri dan lakukan latihan dengan tim. Untuk memperlancar dan menyiapkan sesi tanya jawab maka perbanyak membaca jurnal ilmiah terkait judul paper yang dibawakan, lakukan diskusi rutin, dan buatlah daftar materi yang berkemungkinan ditanyakan,” ungkapnya.

Dengan manajemen waktu yang baik dalam persiapan lomba dan target yang jelas di tiap pertemuan antar anggota, tim ini memiliki kesiapan yang cukup matang karena adanya tujuan yang jelas. Anggota tim juga merasakan kesan yang sangat baik selama persiapan hingga di hari perlombaan.

“Harapan kami bertiga, semoga karya ilmiah dalam bentuk paper dan poster yang kami bawakan, ber-impact besar terhadap eksplorasi endapan nikel laterit di berbagai wilayah potensi dan juga meningkatkan ekploitasi untuk nikel karena logam ekonomis ini berdampak besar terhadap kemajuan zaman, energi bersih, dan renewable energy,” ujarnya.

Reporter: Nasywa Hafizh Pandyanayaka (Teknik Geologi, 2022)


scan for download