Tips Sukses di Era Digital: Inovasi dan Teknologi Kunci Memenangkan Persaingan

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Studium Generale Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali dilaksanakan di Aula Barat, ITB Kampus Ganesha, Rabu (15/5/2024), dengan menghadirkan Wakil Presiden Direktur BCA, Hendra Lembong, sebagai narasumber dengan topik “Tips to the Working World and How Technology Can Help BCA Case”.

Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan dan Pengembangan ITB, Prof. Ir. Muhammad Abduh, M.T., Ph.D. mengapresiasi BCA atas kerja sama dan dukungannya dalam pendidikan. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan serah terima CSR dari BCA untuk mendukung pengembangan kantin di ITB Kampus Jatinangor serta mesin daur ulang Bakti BCA untuk meningkatkan kesadaran keberlanjutan dari sivitas akademika ITB.

   

Hendra Lembong mengatakan, struktur ekonomi negara meliputi tiga hal, yaitu pertanian, manufaktur, dan services. Perbankan masuk dalam kategori service. Salah satu bagian services adalah financial services. Dalam pelaksanaannya, teknologi diterapkan mengikuti berbagai perkembangan situasi yang ada.

Penerapannya seperti dalam studi kasus BCA sebelum dan sesudah pandemi. Sebelum pandemi, BCA banyak membuka cabang karena banyaknya nasabah yang datang setiap harinya. Namun, hal itu tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna ketika pandemi. BCA pun berinovasi dengan mobile banking, eService, eBranch, STAR Teller, CS Digital, hingga ATM STAR.

Pihaknya mengaku banyak menggunakan teknologi robotics. Perkembangan teknologi AI pun menjadi tren yang terus berkembang saat ini. “Teknologi itu tidak menggantikan manusia, hanya saja membantu manusia untuk menjadi lebih cepat dan baik,” ujarnya.

Reporter: Yohana Aprilianna (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021)


scan for download