Workshop Meditasi 2008, Relaksasi Pikiran Dengan Meditasi

Oleh asni jatiningasih

Editor asni jatiningasih

Workshop Meditasi 2008BANDUNG, itb.ac.id- Keluarga Mahasiswa Buddha (KMB) Dhammanano ITB kembali menyelenggarakan Workshop Meditasi dengan tema "Relaksasi Pikiran Dengan Meditasi". Workshop diadakan selama dua hari, Sabtu (15/11) dan Minggu (16/11), bertempat di Gedung Basic Science Center ITB. Hari pertama, workshop diisi dengan talkshow bersama Y.M.Bhikkhu Nyanadasa, guru meditasi Tithaketuko Thera, Dr.Ir.Ida I Dewa Gede Raka, MEIE, guru besar Fakultas Teknologi Industri ITB, Dr.Hudoyo Hupudio, MPH, pengajar Meditasi Mengenal Diri (MMD), dan Drs,Ponijan Liaw, M.Pd, pendiri pusat pengembangan diri 'The Energetic People Developement Center'. Dalam talkshow dibahas mengenai melatih batin, meditasi dan kesehatan, metode dasar meditasi, serta relaksasi dan meditasi untuk produktivitas optimal.
Dalam sesi bersama Ponijan Liaw, dibahas mengenai manfaat meditasi bagi psikologis dan fisiologis. Bagi psikologis manfaat tersebut diantaranya melatih kekuatan dan kemampuan navigasi terhadap pikiran dan emosi negatif sebelum terjadi, mengurangi kerentanan otak dari kebingungan dan kekacauan pikiran, mengurai emosi, cemas dan stress, menstabilkan perhatian dan minat, meningkatkan kemampuan intuitif dan konsentrasi yang lebih baik, serta meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi ketakutan berlebihan. Adapun manfaat meditasi untuk fisiolgis diantaranya membuat tubuh memiliki imun yang kuat, meningkatkan daya ingat dan energi, mengembangkan struktur otak, menjinakkan amigdala (suatu wilayah otak, pusat ingatan rasa takut), membebaskan diri dari migrain, sakit kepala, dan asma, mengurangi kemungkinan serangan jantung, menormalkan tekanan darah dan berat badan, memperlambat penuaan dini, mengatasi insomnia dan gangguan tidur, dan mengurangi level kolesterol dan kecanduan.

Dalam dunia bisnis modern, latihan meditasi mulai menjadi tren di kalangan eksekutif. Hal tersebut terkait dengan peningkatan kecerdasan spiritual yang mulai dirasakan kebutuhannya dalam dunia bisnis, terutama untuk membantu mengatasi stres dan tekanan pekerjaan yang dihadapi para eksekutif tersebut. Dengan melakukan meditasi, mereka dapat menemukan makna dan tujuan hidup yang memberikan 'sense of direction' sehingga meditasi dapat meningkatkan produktivitas dan kesehatan seseorang.

Pada prinsipnya, meditasi adalah kegiatan untuk memasuki alam bawah sadar. Melakukan meditasi dapat dimulai dengan belajar melakukan relaksasi atau menurunkan frekuensi gelombang otak dari betha ke alpha. Untuk mendapatkan hasil yang optimum, dapat dilakukan senam ringan (streching) selama 10 menit kemudian dilakukan aktivitas pernapasan, posisi duduk dilakukan dengan telapak kaki sejajar lantai atau bersila tanpa menyilangkan kaki (untuk menghindari kesemutan), selanjutnya mata dipejamkan dan mulai dilakukan visualisasi seolah-olah berada di sebuah tempat yang damai dan nyaman. Meditasi dilakukan sekitar 15-30 menit. Kesalahan dalam latihan meditasi biasanya disebabkan pengharapan yang berlebihan terhadap hasil latihan.

scan for download