Zoom In ITB 2012 : Bedah Kampus

Oleh Aldo Tri Oktamettio - Aldo Tri Oktamettio-COMLABS

Editor Pengirim Lepas

Suasana acaraBukittinggi, 15 Januari 2012 Bertempat di Perpustakaan Bung Hatta Bukittinggi, acara Zoom In ITB 2012 diadakan dengan mengusung tema Jembatan Emas Membangun Nagari. Acara Zoom In ITB telah diselenggarakan sebanyak 5 kali dan pertama kali diadakan pada tahun 2008. Tujuan dari Zoom In ITB itu sendiri adalah memperkenalkan dan membahas segala hal tentang ITB kepada siswa/I SMA se-Sumatera Barat baik dari segi akademis, biaya, beasiswa, fasilitas sampai kehidupan di Bandung dan sekaligus mengemban misi untuk meningkatkan jumlah urang awak di Institut Teknologi Bandung.
Peserta dari seluruh Sumatera Barat mulai berdatangan sejak pukul 08.00 WIB dan disuguhkan dengan LiveTweet tentang ZoomInITB2012 sembari menunggu acara resmi dimulai. Setelah waktu menunjukkan pukul 09.00 WIB, Zoom In ITB 2012 resmi dimulai, acara ini diawali dengan penampilan Galombang Pasambahan oleh UKM ITB dengan diiringi musik dari pemusik UKM ITB. UKM juga menampilkan Malam Bainai saat para penari galpas mulai meninggalkan panggung. Peserta tampak antusias dan berdecak kagum yang ditandai dengan appalaus yang meriah dari peserta. Acara dibuka oleh MC dan diteruskan dengan pembacaan AlQuran oleh Ismail Halim(FTTM’11) dan terjemahan oleh Mona(FITB’11) yang bertujuan agar acara dapat berjalan sukses dan diridhai oleh Allah SWT. Acara kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Zoom In ITB 2012, Andra(MT’10) dan sambutan dari Datuak UKM yang diwakili oleh M. Ihsan. Acara dilanjutkan dengan Presentasi Fakultas oleh Uul(STEI’11) dan Irfan(EP’10) dlanjutkan oleh moderator yang membuka sesi tanya jawab. Peserta dan guru menyambut poitif dan aktif bertanya guna mendapatkan informasi tentang ITB sebanyak banyaknya.

Acara dilanjutkan dengan pemberian motivasi dari ESQ untuk mendorong siswa/i SMA tersebut dalam menghadapi ujian dan menggapai cita cita mereka, khususnya untuk masuk ITB, Setelah pemberian motivasi selesai, acara dilanjutkan dengan sharing cerita yang didampingi Da Suban dengan salah satu Alumni ITB yang sekarang bekerja di Semen Padang, yaitu Da Fero yang merupakan lulusan Teknik Elektro ITB. Da Fero bercerita banyak. Dimulai dari beliau dahulunya galau dalam memilih jurusan, sampai suka duka beliau selama kuliah di ITB. Hal itu sangat diapresiasi oleh Peserta yang ada di ruangan yang ditandai dengan tepuk tangan yang meriah ditujukan kepada Da Fero sendiri, Agung merupakan siswa yang mengikuti Zoom In sangat sumringah menuturkan sangat termotivasi atas sharing cerita dan pengalaman dari Beliau dan juga lebih optimis untuk lulus di ITB pada SNMPTN yang akan datang.

Acara dilanjutkan dengan pemberian kenang kenangan kepada Da Fero dan motivator ESQ. Setelah itu MC pun membuka sesi kuis untuk peserta Zoom In ITB. Peserta sangat antusias, mereka berebut tangan untuk menjawab pertanyaan pertanyaan dari panitia. Dan yang berhasil menjawab, panitia akan memberikan aneka souvenir cantik dari ITB. Selanjutnya, Salam Ganesha juga ditampilkan di depan siswa/I yang dipimpin oleh Da Suban dan dibawakan oleh Seluruh Panitia Zoom In. Salam tersebut membahana keseluruh gedung yang mengundang perasaan kagum, termotivasi dan semangat pada diri peserta dan panitia itu sendiri.

Pukul 14.00 WIB, acara memasuki ISHOMA, panitiapun langsung membagikan konsumsi kepada peserta diiringi dengan pembukaan Stand tiap fakultas di ITB mulai dari FTSL, FSRD, SBM, STEI, FTMD, FMIPA, FTI, SAAPK, SF, SITH, FTTM, FITB, stand beasiswa dan stand souvenir. Stand stand tersebut bertujuan untuk siswa-siswa yang ingin mendengar lebih dalam atau ingin tahu lagi tentang ITB dan mendengar sharing cerita dan pengalaman dari panitia sendiri. Acara selesai pada pukul 17.00 WIB ditandai dengan penutupan stand dan foto foto bersama. Acara berlangsung sukses, aman dan lancar tanpa gangguan berarti. Acara ini juga disambut positif oleh berbagai pihak termasuk pemerintah daerah setempat. Para Siswa dan Guru juga mengapresiasi dan mengutarakan kepuasan mereka atas acara Zoom In ITB yang memberi banyak manfaat terlebih untuk siswa kelas 3 SMA yang sedang menempuh usaha untuk menggapai cita citanya .

scan for download