ITB Berduka, Guru Besar Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan Prof. Enri Damanhuri Berpulang

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id – Keluarga besar Institut Teknologi Bandung (ITB) berduka atas kepergian Guru Besar Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), Prof. Dr. Ir. Enri Damanhuri. Beliau wafat pada Kamis, 30 Maret 2023 sekitar pukul 06.24 WIB.

Untuk melepas kepergian almarhum, dilangsungkan pelepasan jenazah di Aula Timur ITB pada Kamis (30/3/2023) pukul 11.00 WIB. Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., membacakan sambutan. “Kita hadir di sini untuk memberikan penghormatan terakhir melalui prosesi pelepasan jenazah, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa, darma bakti, serta pengabdian almarhum kepada ITB, negara dan bangsa semasa hidupnya,” ujarnya.

Dekan FTSL, Edwan Kardena, Ph.D., membacakan biodata singkat almarhum dalam prosesi lepas jenazah. Prof. Dr. Ir. Enri Damanhuri lahir di Sumenep, 12 Juli 1949. Beliau menjalani pendidikan tinggi di Teknik Penyehatan ITB dan meraih gelar Sarjana Teknik pada tahun 1975. Kemudian, melanjutkan studi Science de l'environnement di ENTPE, Perancis, dan memperoleh Certificate d'Etude Superieur (SPl) pada tahun 1982. Gelar Docteur Ingenieur diraih pada tahun 1987 dari Universite de PARIS 7 melalui studi Chimie de la pollution/Kimia pencemaran lingkungan.

Selama mengabdi di ITB, beliau pernah menjabat sebagai Dekan FTSP (Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan), Pembantu Dekan I-FTSP ITB pada tahun 2001, Ketua Jurusan Teknik Lingkungan FTSP ITB pada tahun 1998-2001, Pembantu Dekan II – FTSP ITB pada tahun 1991-1997, dan Ketua Laboratorium Buangan Padat/B3 Teknik Lingkungan pada tahun 1993-1997.

Beliau aktif sebagai dosen pada Program Studi Teknik Lingkungan, mengampu mata kuliah seperti statistika, pengelolaan limbah B3, pengolahan limbah secara termal, serta teknik pengolahan sampah. Bidang keahlian beliau yaitu Ilmu Pengelolaan Buangan Padat. Beliau menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya RI 20 tahun pada tahun 1998.

Almarhum berpulang pada usia 73 tahun. Selamat jalan Prof. Dr. Ir. Enri Damanhuri. Semoga Allah SWT menerima amal ibadahnya dan mengampuni segala dosanya. Untuk keluarga yang ditinggalkan semoga diberi ketabahan dan kesabaran. Doa keluarga besar ITB senantiasa menyertai almarhum.

Reporter: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)


scan for download