Mahasiswa ITB Salurkan Bantuan Keperluan Masjid dan Fasilitas Mengaji

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id – Mahasiswa Institut Teknologi Bandung yang tergabung dalam Panitia Pelaksana Program Ramadhan dan Idul Adha (P3RI) ITB 1444 H melakukan aksi peduli terhadap masjid sekitar kampus ITB Ganesha dan juga pengajian anak-anak. Kegiatan tersebut dibawahi oleh divisi Salman Charity yang mewadahi jamaah Masjid Salman ITB yang hendak mendonasikan sebagian hartanya di Bulan Ramadhan.

Ketua Divisi Salman Charity, Ilham Hakim, yang merupakan salah satu mahasiswa jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota ITB Angkatan 2021 menyampaikan, “Jadi, Divisi Salman Charity ini merupakan kali kedua digelar di P3RI dan merupakan media dakwah yang mewadahi jamaah untuk memperbanyak amalan baik di Bulan Ramadhan misalnya melalui sedekah,“ ujarnya.

Kegiatan yang dibawahi Salman Charity ini bertemakan “Peduli masjid, berbagi berkah” dan berfokus pada dua kegiatan utama yaitu penyaluran bantuan berupa fasilitas masjid dan bantuan fasilitas belajar untuk pengajian anak-anak sekitar Kampus ITB Ganesha pada 2 April 2023.

Kegiatan peduli masjid dan pengajian anak-anak ini didukung oleh donatur dari beberapa lembaga seperti Masjid Salman ITB, Rumah Amal Salman, Wakaf Salman ITB, dan Bank Indonesia. Sebanyak 15 orang menjadi relawan dalam kegiatan tersebut dan 11 orang di antaranya merupakan mahasiswa ITB.

Penyaluran fasilitas masjid dilaksanakan di Masjid Al-Ikhlas yang terletak di Jalan Taman Sari RW 06, Kelurahan Coblong, Kota Bandung. Adapun fasilitas yang disalurkan adalah keperluan-keperluan masjid yang sebelumnya sudah didiskusikan dengan DKM masjid tersebut seperti 2 unit kursi roda, 2 unit kipas angin, 2 buah mic khutbah, 2 buah mic imam dan sebuah lap pel.

Ketua RW 06 Taman Sari, Engkus Kuswara mengucapkan rasa terima kasihnya atas kegiatan peduli masjid yang dilaksanakan oleh mahasiswa ini. “Terima kasih telah peduli kepada Masjid Al-Ikhlas yang kebetulan dekat dengan Masjid Salman ITB, Semoga barang yang disalurkan dapat bermanfaat dan tentunya akan digunakan sebaik mungkin,” ujarnya.


Penyaluran fasilitas masjid ini disesuaikan dengan kebutuhan masjid tujuan. Misalnya fasilitas masjid tersebut belum lengkap atau memiliki kondisi khusus yang menyebabkan perlunya alat-alat atau fasilitas tertentu. Sehingga panitia berusaha menghadirkan barang tersebut untuk melengkapi fasilitas yang belum tersedia. Menariknya, terdapat cukup banyak masyarakat di RW 06 Taman Sari yang sudah tua namun sering mengunjungi atau beribadah di masjid.

Selain itu, terdapat beberapa warga yang menderita penyakit tertentu yang membutuhkan kursi roda sebagai alat bantu. Sehingga dengan hadirnya bantuan fasilitas kursi roda dinilai sangat membantu keberlangsungan kegiatan ibadah di masjid tersebut.

Setelah penyaluran fasilitas masjid di Masjid Al-Ikhlas selesai, relawan mahasiswa selanjutnya bergerak menuju tempat kedua untuk menjalankan kegiatan berikutnya yaitu penyaluran fasilitas belajar anak-anak pengajian yang dilaksanakan di Masjid Al-Bayyinah, Jalan Pelesiran No. 55b/55 RW 05 Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Tidak hanya sekedar kegiatan menyalurkan keperluan belajar anak-anak pengajian, di tempat tersebut mahasiswa juga menggelar beberapa acara seperti kuis-kuis islami, menceritakan kisah-kisah nabi dan bermain bersama anak-anak yang dilakukan secara berkelompok sambil menunggu waktu berbuka. Adapun fasilitas belajar yang berhasil disalurkan adalah 20 unit meja lipat, dan beberapa unit buku cerita islami (kisah-kisah nabi dan rasul, rasulullah, sahabat nabi, asmaul husna dan ulul azmi).

Kegiatan penyaluran fasilitas belajar ini berlangsung ramai dengan keceriaan anak-anak yang mendapatkan fasilitas belajar baru dan juga hadiah-hadiah permainan. Sebelum akhirnya ditutup dengan pembagian menu takjil dari Masjid Salman ITB.
Harapannya setelah dilaksanakannya kegiatan peduli masjid dan pengajian anak-anak ini dapat menciptakan momen berbagi dan semangat bersedekah bagi masyarakat, pungkas Ilham (PWK’2021).

Reporter: Angra Eni Saepa (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021)
Foto: Dok. Panitia Ramadhan P3RI 1444 H


scan for download