ITB Resmikan Information Center, Wujud Komitmen Keterbukaan Informasi dan Transformasi Layanan Publik

Oleh Iko Sutrisko Prakasa Lay - Mahasiswa Matematika, 2021

Editor Anggun Nindita

BANDUNG, itb.ac.id - Dalam rangka mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan informasi serta upaya integrasi sistem, Institut Teknologi Bandung (ITB) meresmikan Information Center ITB (IC ITB), atau Unit Layanan Terpadu (ULT) ITB, pada Rabu (3/7/2024) di ITB Kampus Ganesha, Bandung

Peresmian ini turut dihadiri oleh Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., dan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. yang diwakili oleh Direktur Institutional Banking PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Munadi Herlambang.

Sejak tahun 2022, ITB telah mencanangkan pembangunan Unit Layanan Terpadu (ULT), dan saat ini dapat terealisasi berkat dukungan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk melalui program corporate social responsibility (CSR) BNI. CSR BNI sendiri merupakan program tanggung jawab sosial dan lingkungan yang berkomitmen untuk berkontribusi dalam memperlancar roda perekonomian nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan dukungan ini, ITB berhasil merealisasikan Unit Layanan Terpadu tersebut.

Unit Layanan Terpadu ini diberi nama Information Center atau yang dikenal dengan "IC ITB", yang dapat dibaca pula "I See", dengan arti saya melihat atau saya mengetahui.

Ada pun ULT tersebut memiliki beberapa tujuan antara lain meningkatkan standar layanan informasi akademik dan dokumen di ITB, mengintegrasikan semua layanan di lingkungan ITB ke dalam layanan satu pintu, merealisasikan inisiatif transformasi layanan akademik secara digital serta terpadu, hingga melakukan efisiensi penggunaan sumber daya di lingkungan ITB.

Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., dalam sambutannya mengatakan "IC ITB" ini tidak hanya menjadi sebuah bentuk komitmen ITB dalam melaksanakan keterbukaan informasi, namun dapat menjadi sebuah bukti nyata upaya integrasi sistem yang telah ITB kembangkan selama ini.

Hadirnya IC ITB ini pun dapat menjadi jawaban terpusat bagi sivitas akademika maupun masyarakat umum yang tengah mencari informasi berkaitan dengan ITB.

"Sekali lagi saya mengucapkan syukur dengan terwujudnya fasilitas ini, yang sebenarnya telah kami desain lama. Apa pun pertanyaan dan kebutuhannya, Bapak dan Ibu semua bisa ke sini. Jadi Insya Allah ke depannya kita dapat menjadi institusi yang lebih berdampak lagi," ujarnya.

Selain itu, menurutnya kualitas pelayanan merupakan indikator penting dalam mewujudkan visi dan misi ITB. Di mana dengan adanya IC ITB dapat semakin mempermudah dan mempercepat akses informasi serta pelayanan terbaik kepada seluruh sivitas akademika juga masyarakat umum.

Sementara itu, Direktur Institusional Banking BNI, Munadi Herlambang, turut memberikan respons positif dan dukungannya atas peluncuran "IC ITB" ini. Menurutnya hal ini merupakan salah satu komitmen dari BNI untuk terus mendukung kemajuan pendidikan yang ada di Indonesia.

“Siang hari ini, kita bisa mensyukuri dan meresmikan Information Center ITB. Tadi, Bu Rektor menjelaskan kepada saya bahwa ini pusat semua informasi, baik itu yang berhubungan dengan akademis, berhubungan dengan pegawai maupun dosen. Jika ada kendala, jawabannya di sini, termasuk orang baru sekalipun, orang tua, mahasiswa, bisa tanya apa pun di tempat ini,” ucapnya.

"Selamat atas peluncuran Unit Layanan Terpadu di ITB. Semoga hal ini dapat semakin membantu meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia," ujarnya.

Kegiatan peluncuran "IC ITB" ini diakhiri dengan pengguntingan pita oleh Prof. Reini dan Munadi Herlambang sebagai bentuk seremonial diresmikannya Information Center ITB. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata antara Rektor ITB dan Direktur Institutional Banking BNI sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan antara kedua belah pihak.

Acara ditutup dengan kunjungan para tamu ke IC ITB yang dipandu oleh Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB, Dr. Naomi Haswanto, M.Sn.

Sebagai informasi, "IC ITB" berada tepat di antara Campus Center (CC) Timur dan CC Barat. Lokasinya strategis, dapat terlihat langsung dari pintu masuk utama ITB Kampus Ganesha.

Berbagai layanan yang dapat diakses berkaitan dengan akademik, kemahasiswaan, keuangan, kerja sama, kealumnian dan umum, kepegawaian dan purnabakti, hingga sarana prasarana dan teknologi informasi.

Jenis layanan lebih spesifik dapat diakses di https://ult.itb.ac.id/layanan. Selain itu, terdapat layanan perbankan dari BNI dan perpajakan dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia khusus untuk sivitas akademika.

Dengan adanya IC ITB ini, diharapkan dapat memberikan kemudahan dan meningkatkan standar pelayanan bagi sivitas akademika serta tenaga kependidikan ITB, juga tentunya masyarakat umum.

Selain itu, dengan mengintegrasikan semua layanan di ITB ke dalam satu pintu layanan, ITB juga berharap dapat merealisasikan inisiatif transformasi layanan akademik secara digital dan terpadu, sehingga dapat meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya di lingkungan ITB.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021) dan Anggun Nindita


scan for download