Arcavena: Pameran Mahasiswa TPB FSRD 2023 Dihadiri 4.000 Pengunjung

Oleh Maharani Rachmawati Purnomo - Mahasiswa Oseanografi, 2020

Editor M. Naufal Hafizh


Suasana kegiatan Pameran Arcavena di GSG ITB Kampus Jatinangor (Dok. Humas ITB/Maharani Rachmawati Purnomo)

JATINANGOR, itb.ac.id — Mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB) Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung (FSRD ITB) 2023 menyelenggarakan kegiatan pameran bertajuk Arcavena. Pameran akademik tersebut menjadi sarana untuk memaksimalkan potensi dari paduan pengetahuan ilmu seni, desain, dan kriya. Selain itu, Arcavena menjadi ajang kolaborasi antarmahasiswa TPB FSRD 2023 ITB Kampus Ganesha, Jatinangor, Cirebon, dan dengan pihak eksternal.

Pameran bertema “Crystal Cave” itu merupakan representasi perjalanan selama menjalani masa TPB. Pada akhir storyline pameran, ketiga karakter utama dikisahkan mendapat kristal yang menjadi simbol kelayakan mereka untuk menjadi bagian dari Kota Crystatem, analogi dari semua prodi di FSRD ITB.

“Satu mahasiswa mendapatkan satu sisi panel. Pada pameran ini terdapat total 432 sisi panel berisikan berbagai karya akademik dari mahasiswa TPB FSRD ITB 2023,” kata ketua pelaksana, Afifah Yasyfa Mazaya. Karya yang dipajang adalah karya dengan nilai terbaik dan telah melewati proses kurasi oleh tim kurator. Namun, mahasiswa memiliki kebebasan untuk memilih karya yang dipajang, baik itu alasan akademik maupun personal. Untuk karya yang dipertontonkan berasal dari mata kuliah gambar, rupa dasar dua dimensi, dan rupa dasar tiga dimensi.

Mahasiswa TPB FSRD 2023 unjuk gigi dengan kostum dan penampilan seni terbaik mereka. (Dok. Panitia)

Sebanyak 4.000 orang silih berganti memadati acara yang digelar pada Sabtu-Minggu (22-23/6/2024) di Gedung Serba Guna (GSG) ITB Kampus Jatinangor. Pengunjungnya berasal dari kalangan dosen, orang tua dan keluarga mahasiswa, mahasiswa fakultas ataupun kampus lain di sekitar Jatinangor dan Bandung, serta pelajar SD-SMA yang tertarik terhadap bidang seni.

Pada kesempatan itu, Arcavena menawarkan rangkaian parade dan performance art, talk show Power in United Creativity” bersama Aufa Aqil Ghani, clay art workshop bersama Bagus Aji Nugroho, glass art workshop bersama Clarissa Tiffany, aneka permainan dan properti interaktif, photobooth, dan bazar.

“Sebelum mencapai puncak acara, kami telah mengadakan tiga pre-event berbeda. Pertama ada lomba lukis ‘Genuverna’ di Amfiteater ITB Kampus Jatinangor pada Sabtu (8/6/2024), immersive sensory display ‘Incaverna’ di Gedung GPK Braga pada Sabtu (15/6/2024), dan terakhir parade serta penampilan ‘Pompaverna’ dengan rute Gedung GPK Braga sampai Cikapundung Riverspot keesokan harinya,” ujar Afifah.

Clarissa Tiffany tengah memandu sesi art glass workshop (Dok. Panitia)

Dia berharap agar pelaksanaan Arcavena dapat menjadi titik awal yang berkesan bagi teman-teman satu angkatannya yang telah bekerja keras mewujudkan kegiatan tersebut.

“Mudah-mudahan perhelatan pungkasan kami sebagai mahasiswa TPB ini bisa menginspirasi TPB FSRD 2024 untuk merancang pameran selanjutnya. Masih banyak aspek yang bisa diperbaiki, semoga bisa menjadi bahan pelajaran. Selain lebih baik, aku berharap bisa mengangkat sesuatu yang lebih beda dan unik,” katanya.

Reporter: Maharani Rachmawati Purnomo (Oseanografi, 2020)


scan for download