OGG FITB 2024: Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Adaptasi dan Mitigasi terhadap Perubahan Iklim Lewat Kompetisi

Oleh Maharani Rachmawati Purnomo - Mahasiswa Oseanografi, 2020

Editor Anggun Nindita

Dekan FITB ITB, Prof. Dr. Irwan Meilano, S.T., M.Sc., saat membuka kegiatan OGG FITB 2024 (Dok. Panitia)

BANDUNG, itb.ac.id - Mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB) Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) ITB mengadakan Olimpiade Geosains dan Geografi (OGG) 2024. Perhelatan OGG ke-14 tahun ini mengusung tema “Ark Climatova: Projecting Future Climate Through Earth’s Past and Present” yang ditujukan sebagai wadah ilmu pengetahuan anak bangsa tentang perubahan iklim dari masa lampau hingga sekarang.

Agenda ini menjadi ruang eksplorasi bagi pelajar SMA dan mahasiswa yang memiliki ketertarikan di bidang kebumian.

Kegiatan berskala nasional ini diikuti oleh 1.400 peserta yang tersebar dari Sumatera, Jawa, sampai Sulawesi. Pelaksanaannya telah bergulir sejak 3 April 2024 hingga penutupannya pada 22 Juni 2024. Terdapat berbagai kegiatan pre-event, yaitu science project, lomba pidato bahasa Inggris, kontes foto, dan kontes poster yang diperuntukkan bagi pelajar SMA. Sementara untuk mahasiswa difasilitasi dengan kompetisi menulis essay.

Kegiatan FITB Tour di prodi Teknik Geologi (Dok. Panitia)

Selain itu, juga dilangsungkan OGG Talks 1.0, kegiatan talk show yang menghadirkan berbagai jawara olimpiade Geografi dan Geosains dengan tujuan memberi inspirasi kepada para peserta pada Minggu (19/5/2024).

Panitia penyelenggara turut menghadirkan para ahli iklim dari ITB, BRIN, dan Climate Policy Initiative Indonesia dalam sebuah webinar yang mengulas berbagai inisiatif global untuk mengatasi darurat iklim. Kegiatannya dilaksanakan pada Minggu (09/06/2024). Sementara itu, pre-event terakhir adalah OGG Class, acara mentoring dari alumni Olimpiade Nasional dan Internasional Geografi dan Geosains yang digelar Sabtu (15/6/2024).

“Acara utama OGG telah dimulai sejak Rabu (19/06/2024) dan dibuka langsung oleh Prof. Dr. Irwan Meilano, S.T., M.Sc., selaku Dekan FITB. Kegiatannya meliputi opening ceremony, Olimpiade Geografi, Olimpiade Geosains, FITB Tour di setiap gedung prodi FITB, OGG Talks 2.0 yang diisi oleh perwakilan mahasiswa dari setiap prodi FITB, workshop pembina, pameran hasil karya peserta yang menjadi finalis science project, OGG Explore ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, dan ditutup dengan awarding night serta seremoni penutupan,” beber Remier Akbar Fauzan (FITB, 2023).

Penyerahan hadiah kejuaraan kepada para pemenang OGG FITB 2024 (Dok. Panitia)

Ketua Pelaksana, Fayza Ananda Syahda Damanik (FITB, 2023) berharap agar OGG bisa terus berkembang dan maju. “Kami menargetkan agar OOG bisa segera terakurasi dan divalidasi secara nasional. Semoga kompetisi ini bisa semakin mendekati kualitas dan sistem olimpiade teratas di Indonesia, yakni Olimpiade Sains Nasional (OSN),” tutup Fayza saat diwawancara reporter Humas ITB.

Reporter: Maharani Rachmawati Purnomo (Oseanografi, 2020)


scan for download