Tim Xavirangers ITB Juara 1 Paper and Poster Competition di International Energy Summit 2024

Oleh Chysara Rabani - Mahasiswa Teknik Pertambangan, 2022

Editor M. Naufal Hafizh

Tim Xavirangers meraih The 1st Winner of Paper and Poster Competition serta Best Poster dalam rangka International Energy Summit 2024 di UGM, Sabtu (31/8/2024). (Dok. Tim Xavirangers)

YOGYAKARTA, itb.ac.id - Dua mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang tergabung dalam Tim Xavirangers mengharumkan nama kampus di kancah internasional. Mereka meraih The 1st Winner of Paper and Poster Competition dalam rangka “International Energy Summit 2024” yang diselenggarakan oleh AAPG UGM di Departemen Teknik Geologi UGM. Selain itu, mereka mendapatkan predikat Best Poster, Sabtu (31/8/2024).

Tim Xavirangers beranggotakan Dzaky Fariz Ridwansyah (Rekayasa Hayati, 2022) serta Ghifari Jauhar Yajri (Teknik Perminyakan, 2022). Kompetisi tersebut bertema “Optimizing Technology Development to Consolidate Crucial Position of Oil and Gas in the Green Energy Era” yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri. Kompetisi ini menuntut peserta meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta kesadaran terhadap lingkungan.

Mereka berhasil menjadi juara setelah mengikuti berbagai rangkaian seleksi. Mulai dari pengumpulan abstrak, dilanjut dengan penyusunan full paper dan poster, serta presentasi final. Di babak final, tim tersebut bersaing dengan 8 tim lainnya. Ghifari mengungkapkan bahwa keinginan untuk dapat lebih berkembang, bersaing serta membangun koneksi dengan peserta dari berbagai perguruan tinggi menjadi dorongan kuat bagi timnya dalam berkompetisi.

Poster Tim Xavirangers.

Tim Xavirangers mengusung topik berjudul “Catalyzing the Green Energy Era through the Strategic Synthesis of Microalgal Biodiesel Using Non-Extractive and Eco-Sourced Calcium Oxide (CaO) Catalysts within the Suistinable Transformation of the Oil and Gas Industry”.

Inovasi yang dibawakan adalah menciptakan bahan bakar ramah lingkungan bagi industri minyak dan gas bumi dengan mengurangi jumlah emisi yang dihasilkan. Bahan bakar tersebut merupakan biodiesel yang didapatkan dari mikroalga melalui produksi dengan bantuan katalis ramah lingkungan, yaitu limbah cangkang telur dan cangkang tiram. Proses produksinya pun menggunakan metode non-extractive atau direct transesterification yang menggunakan energi lebih efisien dibandingkan metode pada umumnya.

Di tengah keterbatasan waktu serta perbedaan program studi, keduanya berusaha untuk menyatukan pemahaman terkait tema yang diangkat. Hal yang membantu mereka menjuarai kompetisi tersebut adalah dengan mengikuti tren energi global dan rajin membaca paper terkait energi. Hal tersebut memudahkan mereka mengeksplorasi serta mengkaji lebih dalam terkait energi yang kemudian dituangkan dalam paper.

Keduanya berpesan agar tetap semangat dan meyakini bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil. “Bawa Ganesha hingga kancah dunia!” ucap Ghifari.

Reporter: Chysara Rabani (Teknik Pertambangan, 2022)


scan for download