Angkat Isu Energi Berkelanjutan, Mahasiswa ITB Raih 2nd Winner Call for Article Competition SEG UI SC 2024

Oleh Rayhan Adri Fulvian - Mahasiswa Teknik Geofisika, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

Fauzi Makarim, mahasiswa Teknik Geofisika ITB, meraih 2nd Winner Call For Article Competition SEG UI SC 2024, Senin (2/9/2024). (Dok. SEG UI SC)

BANDUNG, itb.ac.id - Fauzi Makarim, mahasiswa Teknik Geofisika Institut Teknologi Bandung, meraih 2nd Winner dalam kompetisi "Call for Article" yang diselenggarakan oleh Society of Exploration Geophysicists Universitas Indonesia Student Chapter (SEG UI SC) 2024, Senin (2/9/2024). Dengan artikel berjudul “Maximizing Geothermal Energy for a Sustainable Future: Exploring Environmental, Economic, and Social Advantages", Fauzi menyajikan gagasan yang inovatif tentang pemanfaatan energi geotermal yang berkelanjutan.

Kompetisi ini mengharuskan peserta menyusun artikel dalam bahasa Inggris yang mengandung data dan fakta yang akurat, berdasarkan hasil pemikiran kritis atau penelitian. Tema yang diangkat dalam lomba tahun ini adalah “Optimizing Geothermal Potential to Support Sustainable Clean Energy” yang sangat relevan dengan isu-isu energi bersih yang tengah menjadi perhatian global.

Bahasan yang diangkat oleh Fauzi saat berkompetisi. (Dok. Fauzi Makarim)

Fauzi menjelaskan bahwa tantangan terbesar dalam mengikuti lomba ini adalah manajemen waktu. Di tengah-tengah kesibukannya dengan pengabdian masyarakat Teknik Geofisika dan kerja praktik, dia harus membagi waktu untuk menulis artikel yang kompetitif.

Dia juga berbagi beberapa tips untuk mahasiswa lain yang tertarik mengikuti lomba serupa. Menurutnya, penting untuk mencari referensi dari sumber yang kredibel, seperti ScienceDirect, dan tidak terburu-buru dalam menulis. “Ide untuk buat artikel itu datang tidak buru-buru, perlu mengumpulkan sumber yang membutuhkan waktu, santai aja,” katanya.

Alasan utama dirinya mengikuti kompetisi ini adalah kesesuaiannya dengan apa yang sedang dia pelajari di perkuliahan serta biaya pendaftaran yang terjangkau. Dia berharap prestasinya ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk lebih aktif berpartisipasi dalam kompetisi-kompetisi akademik, baik di tingkat nasional maupun internasional. Fauzi berhasil membuktikan bahwa dengan kerja keras dan manajemen waktu yang baik, dia bisa meraih prestasi gemilang di tengah berbagai tantangan yang dihadapinya.

Reporter: Rayhan Adri Fulvian (Teknik Geofisika, 2021)


scan for download