Sundaram, Seminar Kosmetik Sekolah Farmasi ITB Bahas Tren Kosmetik dan Peluang Bisnis

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Sekolah Farmasi, Institut Teknologi Bandung (SF ITB) menyelenggarakan Seminar Kosmetik bertema "Sundaram: Trends, Traditions, Business, Regulations and Wellness", di Multipurpose Hall CRCS Lantai 3, ITB Kampus Ganesha, Sabtu (28/9/2024). Acara ini dihadiri 252 peserta secara luring.

"Sundaram" berasal dari bahasa Bali yang bermakna keindahan (kecantikan) baik secara fisik, batin, dan spiritual lebih dalam yang selaras dengan kehidupan dan alam semesta. Tema ini mencerminkan misi seminar dalam membahas topik terkait tren terkini dalam bidang kosmetik, potensi kekayaan alam Indonesia dalam pengembangan kosmetik, tips pemilihan skincare dan kosmetik berdasarkan kondisi kulit, regulasi kosmetik di Indonesia, serta peluang bisnis dan inovasi dalam produk kosmetik.

Acara diawali dengan sambutan dari Dekan Sekolah Farmasi ITB, Prof. apt. I Ketut Adnyana, Ph.D., serta Ketua Pelaksana Seminar Kosmetik, apt. Irianti Bahana Maulida Reyaan, S.Farm., M.Si.

   

Tiga narasumber menyampaikan materinya pada sesi pertama. Pertama, dr. Sari Chairunnisa, Sp.KK, FINSDV dari PT. Paragon and Innovation yang membawakan topik “Beauty Unveiled: Trends in Cosmetic Industries” yang mencakup tren di bidang kosmetik, utamanya yang berfokus pada wellness and halal cosmetics.

Kedua, apt. Nuning S. Barwa, M.B.A dari PT. Martina Berto, TBK. yang membawakan topik “The Power of Holistic Cosmetics: The Future for Sustainable Living”. Beliau membahas tren dan inovasi terkini dalam penggunaan bahan alam untuk kosmetik.

Ketiga, Dr. dr. Fitria Agustina, Sp.DVE, FINSDV, FAADV yang membawakan topik “Unlocking the Secrets of Skin Science: Expert Tips for Choosing the Perfect Skincare and Makeup Products”.

   

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan paparan singkat dan demo terkait personal color analysis. Pada sesi ini, dibahas mengenai tips pemilihan make-up yang sesuai berdasarkan undertone kulit.

   

Kegiatan dilanjutkan dengan dua pematerian mengenai regulasi kosmetik di Indonesia yang dibawakan apt. Rita Kholilah, S.Si. dari BPOM RI dan “Beautypreneurship: Create Your Own Beauty Brand” yang disampaikan apt. Yuli Yulianti, M.Farm. dari PT. Permata Senytt Cosmetindo.

Selain seminar, terdapat sejumlah stan seperti Marvee Clinic yang menyediakan layanan konsultasi kesehatan kulit dan PT. Paragon and Innovation yang membuka personal color analysis. Sponsor lain yang turut berpartisipasi pada stan, yaitu PT. Skinsol Kosmetik Industri, PT. Permata Senytt Cosmetindo, dan PT. Mandoom Indonesia (Gatsby).


scan for download