44 Perusahaan Gabung Dalam ITB Career Days Bertema ITB Integrated 2018

Oleh Ahmad Fadil

Editor Ahmad Fadil

BANDUNG, itb.ac.id – Minggu (18/03/18), adalah hari kedua dari rangkaian acara itb career days yang diadakan ITB Career Center di Aula Barat dan Aula Timur. Acara yang menggandeng sejumlah perusahaan ternama di Indonesia ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa tingkat akhir baik dari ITB atau dari luar ITB untuk mendapatkan informasi dan pembekalan dunia kerja sebelum terjun langsung ke lapangan serta mewadahi para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang keahlianya. Acara yang di targetkan mencapai 10.000 lebih pengunjung tersebut berlangsung selama 2 hari, Sabtu dan Minggu (17-18/03/2018). 

“Acaranya memang diadakan dua hari karena menurut kami kurang efektif jika hanya satu hari, dulu malah tiga hari tapi sekarang jadi dua hari, biar mahasiswa atau masyarakat umum punya kesempatan yang lebih mengenai dunia kerja” tutur Christianto, panitia ITB Career Days. Dalam acara yang dibuka oleh Wakil Rektorat tersebut selain mengadakan pameran perusahaan acara tersebut juga mengadakan presentasi dari beberapa perusahaan dan juga recruitment test yang terdiri test tulis dan drop CV serta konsultasi career sebagai rangkaian acaranya.

Acara yang menggandeng 44 perusahaan tersebut dibagi menjadi dua tempat pelaksanaan yaitu Aula Timur yang diisi oleh 17 perusahaan seperti Shopee, Go-Jek, Mapan, Mercedes-Benz Indonesia, P&G, JD.ID, Johnson&Johnson, Doku, Ice House, dan CommonWealth Bank Indonesia. Dan Aula Barat yang diisi oleh 31 perusahaan seperti PT Astra Indonesia, Star Energy Gheotermal, Paragon, HDE.Inc, PT Bank Mandiri, PT Bank BTN, Samsung Indonesia, PT Kalbe Farma, Colliers, PT Blue Bird, PT Bank Central Asia, Docotel Group, PT Hino Motors Manufacturing Indonesia, PT YKK AP Indonesia, PT Wijaya Karya, dan Aldiron Hero Group.

44 perusahaan tersebut digolongkan menjadi 4 kategori yaitu Sponsor Platinum, Sponsor Gold, Sponsor Silver, dan Peserta. Kategori tersebut berdasarkan paket yang diambil oleh perusahaan dan jumlah sponsor dana untuk acara ini. Sponsor Platinum atau sponsor utama untuk acara ini adalah PT Astra Indonesia dan Star Energy Geothermal yang ditempatkan di Aula Barat serta Shopee yang di tempatkan di Aula Timur. “Jadi setiap perusahaan itu yang mendaftar dibagi menjadi 4 kategori, nanti mereka mendapatkan booth display sesuai kategori yang mereka pilih. Misalkan Platinum kita menempatkan boothnya di tengah dengan ukuran 9x6m2 , dan dengan 2200 watt. Kami juga memfalsilitasi setiap perusahaan dengan LO (Liaison Officer) dari kami. LO acara ini adalah mahasiswa ITB“ tambah Christanto.  

Menurut Christanto, perusahaan yang hadir dalam acara tersebut meliputi semua jurusan di ITB baik di bidang kosmetik, bidang teknologi seperti start-up, bidang financial dan bidang energi.  “Acara ini dihadiri oleh perusahaan nasional dan multinasional dan pihak kami membatasi untuk jumlah perusahaan multinasional yang ikut agar pperusahaan nasional dapat berkembang lewat acara ini”, pungkasnya.

Dalam acara yang berlangsung meriah tersebut, setiap perusahaan diperbolehkan untuk menghiasi booth-nya dan juga diperbolehkan membawa pegawai perusahaanya untuk membantu dan menarik pengunjung. “Acara ini cukup membantu, untuk saya sendiri saya terbantu untuk mendapatkan lowongan pekerjaan yang ada,” tutur salah satu pengunjung. Acara yang diadakan sebelum Wisuda April Mahasiswa ITB rencananya akan diadakan kembali sebelum Oktober 2018 sebelum Wisuda Oktober ITB 2018.

Penulis: Afrilia Mega (TPB FTTM 2017)


scan for download