7 Cara Menggali Potensi Diri Mahasiswa agar Sukses Berkarya dan Berkarier

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Direktur SDM PT Pertamina, Erry Sugiharto, berbagi mengenai tujuh cara menggali potensi diri pada mahasiswa agar dapat maksimal dalam berkarya maupun berkarier.

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan talkshow kepada mahasiswa PTN/PTS di Kota Bandung yang digelar di Aula Barat, Institut Teknologi Bandung (ITB) Kampus Ganesha, Senin (6/5/2024).

Talkshow ini mengangkat tajuk “Energizing Future Leaders: Unlocking Human Potential”. Fokus topik yang dibawakan beliau adalah “The Main Quality of Human Capital that Relevant with Future Energy Challenges”.

Pertamina merupakan badan usaha milik negara yang memiliki misi menjalankan usaha minyak, gas, serta energi baru dan terbarukan secara terintegrasi. Pertamina juga bertanggung jawab untuk mempelopori perwujudan kedaulatan energi nasional. Akan tetapi, terdapat tantangan yang dihadapi, terkait global energy champion vs national energy security, profit vs operational leverage, dan new life cycle strategy vs core business.

Terkait hal itu, beliau pun mengungkap berbagai kriteria yang dibutuhkan oleh Pertamina untuk siap hadapi tantangan energi ke depan. “Kompetensi yang dibutuhkan oleh pertamina meliputi core values BUMN (akhlak), potensi individu, dan kompetensi inti Pertamina. Kompetensi inti Pertamina mencakup fostering collaboration, analysis, managing work, continuous improvement, technology awareness, adaptability, dan quality orientation,” ujarnya.

Salah satu kompetensi yang beliau tekankan adalah continuous learning. Pertamina mencari SDM yang memiliki keinginan kuat untuk terus belajar dan tidak menutup diri dari keilmuan-keilmuan lain. “Tidak salah menjadi experties, tapi jangan sampai menutup diri dari ilmu-ilmu lain. Harus terus memiliki kompetensi continuous learning,” katanya.

Beliau pun memaparkan tujuh cara agar mahasiswa dapat menggali potensi diri, yakni:

1. Time Management: Mengelola waktu dengan baik, membuat prioritas agar fokus pada hal-hal yang membantu pengembangan diri;

2. Continuous Learning: Mencari kesempatan untuk meningkatkan keterampilan;

3. Feedback: Menerima masukan dan pendapat orang lain untuk pengembangan diri;

4. Emotional intelligence: Mengendalikan emosi dan dapat menunjukkan empati kepada orang lain;

5. Komunikasi dan Networking: Meningkatkan kemampuan berkomunikasi, memperluas jaringan, serta bergaul dengan orang yang dapat memberi inspirasi dan dukungan;

6. Menentukan tujuan yang jelas: Menetapkan tujuan spesifik yang ingin dicapai untuk memberikan arah dan motivasi untuk berkembang;

7. Mengenali minat dan bakat: Memahami apa yang membuat Anda tertarik dan apa yang dikuasai.

Networking harus dibangun bahkan dari Anda masih kuliah karena Anda tidak akan tahu di masa depan teman Anda akan menjadi siapa. Selain itu, Anda harus memiliki tujuan yang jelas. Saat saya masih muda, saya pernah bilang ke teman saya, nanti di umur 45 tahun, saya akan jadi direktur. Sekarang, saya umur 45-an, dan saya menjadi direktur,” ujarnya.

Beliau pun memaparkan pentingnya peran akademisi dalam dunia industri. Akademisi diharapkan dapat berkolaborasi terkait research and development, konsultasi, transfer teknologi, menyiapkan kurikulum dan talent, serta menyediakan pendidikan dan pelatihan.

Reporter: Qonita Aulia Rahmatullah (Teknik Pangan, 2022)


scan for download