Membangun Keterampilan dan Karakter: Peserta Pelatihan Protokoler ITB 2024 Raih Pengalaman Baru

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


Dok.Humas ITB/ Iko Sutrisko Prakasa Lay

BANDUNG, itb.ac.id — Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat Institut Teknologi Bandung (BKHM ITB) menyelenggarakan pelatihan keprotokolan pada hari Sabtu (4/5/2024) di Gedung Annex lantai 3, Rektorat ITB, Jalan Tamansari, Bandung. Kegiatan ini diikuti oleh 80 Calon Tim protokol Batch 2024.

Melalui pelatihan ini, para peserta diberikan beberapa materi, di antaranya yaitu materi keprotokolan secara umum, leadership, profesionalisme, serta khususnya serba-seri keprotokolan yang ada di ITB.

“Melalui pelatihan ini, kami juga ingin memberikan gambaran bagaimana “behind the scene” dalam setiap acara yang diselenggarakan oleh ITB,” ucap Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB, Ibu Naomi Haswanto S.Sn., M.Sn., dalam sambutannya.

Salah satu peserta pelatihan, Teuku Almas Rifa Abiyyu (Teknik Bioenergi dan Kemurgi, 2021), menyampaikan perasaan bahagianya setelah berkesempatan mengikuti kegiatan pelatihan ini.

“Materi yang diberikan benar-benar hal baru buatku, khususnya materi mengenai keprotokolan. Bagian yang paling menarik yaitu saat simulasi tata tempat duduk untuk para pejabat dengan tingkatan yang berbeda-beda, menarik sekali mempelajari urutan tempat duduk," katanya.

Dok.Humas ITB/ Iko Sutrisko Prakasa Lay

Sementara itu, Wildan (Teknik Pertambangan, 2022) menyebutkan bahwa materi-materi yang diberikan sangat berguna, tidak hanya untuk mempersiapkan dirinya menjadi seorang protokol ITB, tetapi juga untuk membentuk dirinya menjadi seseorang yang lebih bernilai lagi. Ia kemudian berharap selepas menjadi tim protokol ITB secara resmi, ia bisa bertugas pada banyak acara-acara di ITB dan merepresentasikan ITB di depan khalayak umum.

Sebagai informasi, pelatihan keprotokolan kali ini bertujuan membekali para peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai petugas protokol. Apalagi, kegiatan di ITB mulai beragam dan sepenuhnya luring sehingga kebutuhan petugas protokol semakin meningkat.

Dok.Humas ITB/ Iko Sutrisko Prakasa Lay

Harapannya dengan adanya pelatihan ini, dapat bermanfaat dan menjadi bekal yang cukup bagi petugas protokol mahasiswa agar selalu siap sedia dalam menyukseskan setiap acara.

Reporter: Indira Akmalia Hendri (Perencanaan Wilayah dan Kota,2021)


scan for download