ITB Mewisuda 1.901 Wisudawan pada Wisuda Juli 2021

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id—Institut Teknologi Bandung (ITB) menyelenggarakan Wisuda Ketiga Tahun Akademik 2020/2021 secara virtual, Sabtu (17/7/2021). Pada momen tersebut, ITB mewisuda sebanyak 1.901 wisudawan dengan rincian wisudawan Program Doktor sebanyak 45 orang, Program Magister sebanyak 595 orang, Program Profesi Insinyur sebanyak 107 orang, dan Program Sarjana sebanyak 1.154 orang.

Pada Wisuda Juli 2021 ini ITB kembali meniadakan perayaan acara wisuda disebabkan situasi pandemi Covid-19. Pelaksanaan wisuda diselenggarakan secara daring melalui Zoom dan YouTube Institut Teknologi Bandung. ITB sangat memahami arti penting prosesi wisuda bagi segenap lulusan ITB, para orang tua dan keluarga wisudawan, dan juga bagi segenap sivitas akademika ITB. Akan tetapi kita semua perlu memaknai peniadaan prosesi wisuda tersebut sebagai wujud solidaritas kita dengan rakyat dan bangsa Indonesia yang masih harus berjuang mengurangi penyebaran Covid-19.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng., dalam laporan akademiknya menyampaikan, pada Wisuda Juli 2021 ini, lulusan Program Sarjana dengan predikat cumlaude terdapat 557 orang dengan IPK tertinggi yaitu 4,00 diraih Jason Filius Santoso dari Prodi Teknik Kelautan FTSL dan wisudawan termuda yaitu Musa Izzanardi Wijanarko dari FMIPA dengan usia 18 tahun 8 bulan.

Sementara itu, untuk Program Magister, wisudawan dengan predikat cumlaude terdapat 195 orang. IPK dan IP 4,00 diraih oleh Muhammad Dani Sirait (Prodi Kimia, FMIPA), Maghfira Ramadhani (Prodi Teknik Perminyakan, FTTM), Sofani Muflih (Prodi Teknik Perminyakan, FTTM), Masitoh (Prodi Instrumenasi dan Kontrol, FTI), Hans Gunawan Rimbualam (Prodi Administrasi Bisnis, SBM), Dicky Saputra (Prodi Administrasi Bisnis, SBM), Riska Milza Khalida N (Prodi Administrasi Bisnis, SBM), Hansen Leonardo Andreas (Prodi Administrasi Bisnis Kampus Jakarta, SBM), Ardika Maulana (Prodi Administrasi Bisnis Kampus Jakarta, SBM), dan Tengku Ervan Naufa (Prodi Administrasi Bisnis Kampus Jakar, SBM). Adapun wisudawan program magister termuda yaitu Nabila Rahmi Maulida, STEI dengan usia 21 tahun.

Kemudian untuk Program Doktor, wisudawan dengan predikat cumlaude terdapat 19 orang, dengan IPK dan IP 4,00 yaitu Rizki Taufik Rakhman (Prodi Ilmu Seni Rupa dan Desain, FSRD) dan Rahmatsyam Lakoro (Prodi Ilmu Seni Rupa dan Desain, FSRD). Sementara wisudawan termuda yaitu Mona Berlian Sari dari FMIPA dengan usia 29 tahun 1 bulan.

Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan selamat dan sukses bagi para wisudawan yang telah lulus dari ITB. Ia berbagi pandangan tentang lifelong learning, atau pembelajaran sepanjang hayat dalam sambutannya.

Menurut Rektor, lifelong learning pada dasarnya merupakan sebuah wisdom atau kearifan, bahwa belajar itu sebaiknya tidak berhenti dengan berakhirnya kita menempuh studi formal. Dengan perkataan lain, belajar merupakan hal yang baik untuk terus-menerus kita jalani dalam berbagai area kehidupan baik di tempat kerja, dalam interaksi sosial sosial, maupun di lingkungan keluarga.

"Lifelong learning merupakan cara yang dapat kita tempuh untuk memperluas peluang untuk belajar, meski dihadapkan pada berbagai keterbatasan dikarenakan kesibukan sehari-hari, baik di tempat kerja maupun di keluarga," ujarnya. Lifelong learning sangat penting apalagi di situasi pandemi Covid-19.

Pelaksanaan wisuda berjalan dengan lancar dan khidmat. Para wisudawan begitu antusias mengikuti prosesi wisuda baik yang hadir di Zoom maupun di Youtube. Wisuda daring ini juga menampilkan kata-kata sambutan dari 12 Fakultas/Sekolah di ITB disertai kata-kata perpisahan dari wakil wisudawan tiap jenjang program dan kesan/pesan mereka.


scan for download