ITB Perkuat Riset dengan Dukungan The Asahi Glass Foundation, Dorong Inovasi Hingga Kancah Global

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id - Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Teknologi Bandung (DRPM ITB) bekerja sama dengan The Asahi Glass Foundation mengadakan Grant Ceremony & Seminar On Research Findings Assisted by The Asahi Glass Foundation, Senin (2/9/2024) di Multipurpose Hall, Gedung CRCS ITB Kampus Ganesha, Bandung.

Ketua DRPM ITB Dr. Ir. Yuli Setyo Indartono menyatakan ITB akan terus memperkuat kiprahnya dalam bidang riset. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi yang mendalam atas dukungan The Asahi Foundation Glass. "Di Indonesia terdapat tiga pilar Tridharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Kami berterima kasih kepada Asahi yang sejak dulu telah mendukung riset ITB," ujarnya.

Dukungan dari Asahi ini diharapkan dapat semakin memajukan riset di ITB, yang tidak hanya terbatas pada lingkup domestik, namun juga mampu bersaing di kancah global. Beliau pun berharap jumlah jurnal publikasi penelitian ITB dapat semakin meningkat.

"ITB semoga dapat berkontribusi lebih luas di bidang teknologi, sains, seni, dan humaniora di seluruh dunia," ucapnya.

Materi pada seminar ini menampilkan hasil-hasil penelitian mendalam yang telah dilakukan oleh para ahli dari ITB. Penelitian-penelitian ini telah memperoleh dukungan finansial yang signifikan dari The Asahi Glass Foundation, yang memungkinkan terlaksananya berbagai kajian ilmiah yang inovatif.

Selain seminar, dalam kegiatan ini pun diselenggarakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara ITB dengan The Asahi Glass Foundation. Terdapat pula pemberian penghargaan kepada 14 peneliti dari ITB oleh The Asahi Glass Foundation sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi luar mereka dalam menghasilkan karya-karya inovatif.

Sementara itu, Senior Executive Director of The Asahi Glass Foundation Dr. Naoki Sugimoto menyoroti pentingnya kolaborasi ini. "ITB dan Asahi telah lama bekerja sama dan saling mendukung, terutama sekarang untuk memajukan bidang teknologi dan keberlanjutan," katanya.

Sejak tahun 1988, The Asahi Glass Foundation telah mendukung kegiatan riset di ITB. Melalui program hibah penelitian luar negeri, yayasan ini berupaya mempromosikan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kemajuan industri, ekonomi, dan sosial.

Dengan komitmen ini, ITB dan Asahi Glass Foundation berharap dapat terus berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak hanya bermanfaat bagi Indonesia tetapi juga bagi masyarakat global.


scan for download