HMTG “GEA” ITB Sukses Gelar Geology Student Competition 2024

Oleh Nasywa Hafizh Pandyanayaka - Mahasiswa Teknik Geologi, 2022

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi “GEA” Institut Teknologi Bandung (HMTG “GEA” ITB) menyelenggarakan Geology Student Competition (GSC) bertema “Scientific Collaboration and Enhancement of Technology to Achieve Sustainable Energy Activity” di Aula Timur, ITB Kampus Ganesha, 11-13 Agustus 2024.

Kegiatan yang sudah dimulai sejak akhir bulan April ini terdiri atas berbagai kompetisi seperti Paper and Poster, Geodevelopment, Petro Competition, dan Smarcase. Selain kompetisi, GSC menggelar Photo n Sketch, Essay-Infografis, Grand Seminar, Exhibition, Talkshow, Opening, hingga Closing Ceremony.

GSC ITB 2024 yang telah diselenggarakan sejak tahun 2008 ini bertujuan agar mahasiswa dapat menyalurkan karya, riset, dan kolaborasinya demi perkembangan perguruan tinggi dan keilmuannya.

Berbeda dengan tahun lalu, GSC kali ini mengusung kolaborasi dan pemanfaatan teknologi untuk aktivitas energi yang berkelanjutan. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa berkontribusi dan berkolaborasi dalam perkembangan kelimuan yang inovatif sehingga dapat mengoptimalkan dan memecahkan masalah aktivitas energi yang berkelanjutan.

   

Ketua Pelaksana GSC ITB 2024, Dani Juliandi, mengungkapkan, “Kami juga meng-highlight aktivitasnya. Jadi tidak hanya produknya yang berkelanjutan. Dari sisi penambangan, eksplorasi, hingga aspek lain juga berkelanjutan, yang tentunya memperhatikan aspek lingkungan juga.”

Selain itu, berbagai rangkaian acara baru seperti Geodevelopment, Petro Competition, Grand Seminar, hingga Exhibition menjadi ajang diskusi dan membangun jaringan koneksi. Melalui persiapan yang matang, koordinasi, dan improvisasi panitia, GSC ITB 2024 sukses terlaksana.

“Harapannya GSC dapat benar-benar menjadi wadah realisasi dari kolaborasi dan pemanfaatan teknologi bagi mahasiswa untuk menciptakan inovasi baru demi perkembangan keilmuan khususnya di bidang geologi,” ujarnya.

Reporter: Nasywa Hafizh Pandyanayaka (Teknik Geologi, 2022)
Dokumentasi: Panitia GSC ITB 2024.


scan for download