Dosen ITB Gelar Pelatihan untuk Tingkatkan Potensi UMKM dan Pariwisata di Belitung Timur

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BELITUNG TIMUR, itb.ac.id – Sejumlah dosen dari Kelompok Keahlian (KK) Ilmu-ilmu Kemanusiaan Institut Teknologi Bandung (ITB) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan menggelar pelatihan bertema “Penguatan Kapasitas dan Kualitas SDM untuk Kemajuan Belitung Timur”, di Gedung Serbaguna SMA Negeri 1 Manggar, Selasa-Rabu (9-10/7/2024). Pelatihan ini berfokus pada UMKM dan pariwisata.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat KK Ilmu-ilmu Kemanusiaan, Dr. Nia Kurniasih, M.Hum., mengatakan, memilih daerah-daerah di luar Pulau Jawa untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan Penelitian Pengabdian Masyarakat Inovasi (PPMI) agar adanya kontribusi untuk wilayah. Sebelumnya, PPMI sudah masuk tahun kedua yang sebelumnya digelar di Lubuk, Sulawesi.

Pada hari pertama, terdapat tiga hal yang dibahas, yaitu menghidupkan rasa branding kopi lokal dalam industri pariwisata, strategi untuk menarik pelanggan melalui media sosial bagi pelaku UMKM, dan pemetaan warisan budaya dan kearifan lokal di Bangka Belitung.

Pada hari kedua dibahas mengenai pelatihan pembelajaran PKn di era digital melalui penerapan model project based learning, pelatihan literasi digital untuk strategi pengajaran, dan pelatihan desain animasi dengan aplikasi blender.

Dr. Nia Kurniasih menjelaskan bahwa pelatihan ini sebagai salah satu langkah ITB agar dapat berkontribusi terutama dalam peningkatan bidang ekonomi melalui pengoptimalan UMKM dan pariwisata.

Kegiatan ini berkolaborasi dengan Pengurus Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Belitung Timur.


scan for download