Eksplorasi Laut Indonesia bersama Adrian Lubis, Perwakilan Indonesia untuk YEP OceanX Education 2024

Oleh Putri Nur Azizah - Mahasiswa Teknik Geodesi dan Geomatika, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Ocean Xplorer (OceanX) adalah salah satu organisasi nonprofit yang bergerak di bidang riset kelautan. Tahun 2024 ini, OceanX bersama National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), Gloucester Marine Genomics Institute (GMGI), dan Coral Vita menyelenggarakan Young Explorers Programs (YEP) OceanX Education di perairan Indonesia. Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa dari seluruh dunia belajar dan mengeksplorasi kehidupan bawah laut bersama OceanXplorer.

Adrian Lubis, mahasiswa Program Studi Teknik Geodesi dan Geomatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2021 berkesempatan mewakili Indonesia untuk mengikuti YEP V OceanX Education 2024 bersama pelajar lainnya dari berbagai negara.

Petualangan Adrian bersama YEP V OceanX dimulai dari Tanjung Priok, Jakarta menuju ke Tanjung Benoa, Bali hingga melewati Kepulauan Masalembu di Laut Jawa. Dalam perjalanan ini, peserta mengikuti seminar serta implementasi workshop dari para ahli dalam bidangnya, yaitu Principle of Oceanography, Environmental DNA, Ocean Justice, Acoustic Mapping, Ocean Carrier, dan Evolusi Gelombang Radio.

   

Selain itu, ada sesi mentoring (Shadow Session) untuk menunjukkan apa saja yang dilakukan kru saat sedang berlayar, seperti bagian Bosun, Bridge, Mechanical, Galley, ROV, Submarine, Media, dan lain-lain.

Peserta juga diberikan kesempatan masuk ke dalam kapal selam, mengemudikan kapal, memasak di Galley, dan berbagai hal menyenangkan lainnya. Selain sesi materi dan olah keterampilan, Adrian bersama peserta lainnya juga berkesempatan bermain dan melihat langsung keindahan bawah laut melalui sesi snorekling dan diving ketika berada di Laut Bali bagian utara.

Dalam perjalanan di kapal Ocean Xplorer, peserta mendapatkan sesi hands on untuk mencoba langsung mengemudikan kapal dan belajar tentang navigasi laut. Di luar kegiatan utama, para peserta dapat menyaksikan langsung bagaimana tim ilmuwan dan kru kapal menciptakan lingkungan kerja yang suportif dengan banyak individu dari berbagai negara yang berkumpul, saling menghormati, dan belajar dari satu sama lain.

   

Selama perjalanannya bersama YEP V Ocean X dari 9-16 Juli 2024, salah satu momen paling berkesan bagi Adrian ketika pertama kali dirinya masuk ke kapal Ocean Xplorer. Teknologi yang ada di dalamnya begitu canggih dan maju, fasilitas kapalnya nyaman, serta lingkungan yang suportif. Selain itu, sesi diskusi dengan bertukar cerita dan asal-usul tentang budaya masing-masing bersama peserta dari negara lain seperti Kanada, Amerika Serikat, Filipina, dan Singapura juga menjadi momen berarti bagi Adrian.

Perjalanan Adrian hingga dapat menjadi perwakilan Indonesia untuk YEP V OceanX dibangkitkan oleh motivasinya untuk memperdalam pemahaman tentang lautan, mengapresiasi berbagai hal yang ada di bidang keilmuan, serta mendapatkan pengalaman langsung dalam eksplorasi laut. Latar belakangnya sebagai mahasiswa Teknik Geodesi dan Geomatika khususnya pada keilmuan hidrografi menjadikannya percaya akan memberi nilai lebih pada kegiatan ini.

Untuk sampai pada titik berhasil menjadi salah satu peserta YEP V OceanX, Adrian harus mengikuti serangkaian proses seleksi. Mulai dari seleksi berkas, seleksi wawancara, hingga seleksi video kreatif yang semuanya dilaksanakan secara daring.

Menurut Adrian, untuk dapat terpilih sebagai peserta YEP V OceanX, perlu memiliki motivasi internal yang dikemas dengan kombinasi dari latar belakang akademis, pengalaman, dan keinginan kuat untuk berkontribusi dalam penelitian kelautan.

   

Sebagai mahasiswa Teknik Geodesi dan Geomatika, Adrian memiliki dasar yang kuat dalam metode hidrografi dan teknologi kelautan. Dirinya selalu mencari peluang untuk belajar dari yang terbaik menggunakan teknologi canggih dalam bidang penelitian kelautan seperti yang ditawarkan oleh OceanX.

“Aku yakin program ini menggabungkan pembelajaran teoritis dan aplikasi praktis, Aku memiliki mimpi yang besar untuk bisa menjadi pemantik serta pembawa perubahan di bidang ini. Melalui YEP, Aku berharap bisa mendapatkan lebih banyak pengetahuan dan keterampilan, serta memberikan dampak positif bagi orang-orang di sekitarku, konservasi, dan pengelolaan berkelanjutan sumber daya laut kita,” ujar Adrian.

Setelah program pelayaran YEP V OceanX ini selesai, Adrian dipanggil untuk menghadiri kegiatan “High Level Reception” yang diselenggaran di Bali pada 24 Juli 2024. Adrian diberikan kesempatan untuk berbicara dengan para menteri serta berbagai bidang penelitian di Indonesia, di antaranya Kemenkomarves, Kemendikbud, BRIN, Konservasi Indonesia, Pushidrosal, Bappenas, dan lain-lain. Dalam acara tersebut, Adrian memaparkan pengalamannya ketika melakukan petualangan bersama YEP V OceanX sebagai representasi untuk Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, Adrian menyampaikan harapannya untuk pengembangan keilmuan dan pendidikan di bidang kelautan. Adrian berharap, dengan penyampaiannya, dia dapat berkontribusi positif bagi pengembangan teknologi dan inovasi di bidang kelautan.

Reporter: Putri Nur Azizah (Teknik Geodesi dan Geomatika, 2021)

Dokumentasi: Adrian Lubis


scan for download