Elnusa Leader's Sharing & Action (ELSA) Angkat Topik Big Dream Big Impact

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id – ITB Career Center (ITBCC) bersama PT Elnusa Tbk (Elnusa) mengadakan Elnusa Leader’s Sharing and Action (ELSA) di Gedung Kuliah Umum Timur (GKUT), ITB Kampus Ganesha, Senin (20/5/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Elnusa yang berfokus pada pendidikan berkualitas. Dalam acara ini turut hadir Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Elnusa, Hera Handayani, sebagai pemateri yang mengangkat topik “Big Dream Big Impact”.

Program ELSA dimulai sejak tahun 2020 dan bertujuan memberikan wawasan mengenai lingkungan kerja dan inspirasi kepada mahasiswa di berbagai kampus di Indonesia.

Kepala Sub Direktorat Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan Mahasiswa ITB, Hafiz Aziz Ahmad, S.Sn., M.Des., Ph.D., berharap adanya kegiatan ini dapat memberikan wawasan dan membuka peluang baru bagi mahasiswa ITB.

“Mudah-mudahan apa yang kita pelajari hari ini bisa memberikan insight yang berharga bagi kita. Selain itu, (harapannya) dapat membuka peluang dan inspirasi baru bagi peserta,” ujarnya.

Sementara itu, Hera membahas langkah-langkah kepemimpinan, yang dimulai dari “Lead Self” atau memimpin diri sendiri. Memimpin diri sendiri adalah bagian tersulit namun paling penting dalam kepemimpinan.

Lead Self ini paling sulit untuk konsisten. Start with knowing yourself. Kita harus tahu bahwa setiap orang itu berbeda-beda, kita harus bisa mengenal kemampuan dan bisa mengenal batasan diri kita, dan tidak kalah penting itu adalah bagaimana handle failure (menangani kegagalan). Selain itu, mengenal diri (juga) adalah tahu prioritas kita,” ujarnya.

Beliau menekankan pentingnya memiliki mimpi besar, hidup dengan kesadaran penuh, dan berfokus pada tanggung jawab yang diemban untuk menghasilkan dampak besar.

Salah satu cara yang disarankan untuk mengenal diri sendiri adalah dengan mengeksplorasi impian, keahlian, dan hasrat pribadi.

“Bayangkan diri Anda 15-20 tahun mendatang (your dream), identifikasi sesuatu di mana Anda merasa sangat mahir (things you good at), dan temukan apa yang sangat Anda nikmati saat mengerjakannya (your passion)," tuturnya.

Beliau juga memberikan tip untuk menonjol di dunia kerja, yaitu dengan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, membangun jaringan yang luas, dan bersikap proaktif.

Keluar dari zona nyaman pun merupakan hal penting. Prosesnya terbagi dalam tiga zona, yakni zona ketakutan, zona belajar, dan zona pertumbuhan. Zona ketakutan adalah langkah paling sulit, tetapi begitu dijalani, maka seseorang akan masuk ke zona belajar. Di zona ini, seseorang menghadapi tantangan dan mengembangkan keterampilan baru. Adapun di zona pertumbuhan, seseorang menemukan tujuan hidup, menetapkan tujuan baru, dan menaklukkan berbagai rintangan.

Beliau pun melanjutkan dengan langkah-langkah kepemimpinan berikutnya, yaitu “Lead Others”, “Lead Leaders”, “Lead Organization”, dan "Lead Strategy". Setiap tahapan kepemimpinan memerlukan keterampilan dan pendekatan yang berbeda. Semuanya berakar pada kemampuan untuk mengenal dan memimpin diri sendiri terlebih dahulu.

Dengan adanya Acara ELSA di ITB ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan pengetahuan yang mendalam bagi mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk karier di masa depan. Selain itu, acara ini dapat menjadi sarana bagi mahasiswa untuk belajar langsung dari praktisi industri, memperluas jaringan, dan mendapatkan wawasan baru yang berharga.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)


scan for download