Exhibition GSC ITB 2024 Tampilkan Karya yang Membuka Wawasan Mahasiswa

Oleh Nasywa Hafizh Pandyanayaka - Mahasiswa Teknik Geologi, 2022

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi “GEA” Institut Teknologi Bandung (HMTG “GEA” ITB) menggelar pameran bertajuk “GSC-Exhibition” yang serangkai dalam kegiatan "Geology Student Competition" (GSC) di Aula Timur, ITB Kampus Ganesha, Selasa (13/8/2024).

GSC-Exhibition menampilkan berbagai karya dari bidang geologi dan geosains yang menjadi platform untuk mempresentasikan hasil kreativitas mahasiswa kepada publik. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran mengenai isu dan topik geologi. Karya para mahasiswa dapat menjadi inspirasi dan pengetahuan baru bagi masyarakat umum dalam melihat aspek geologi yang masih awam diketahui. Di sisi lain, GSC-Exhibition pun digelar sebagai bentuk apresiasi kepada peserta yang telah bekerja keras menyusun penelitian.

Ketua Divisi GSC-Expo dan Exhibition GSC ITB 2024, Erlanka Ezar, mengatakan, “Peserta berdiri di sebelah panel poster mereka dan masyarakat umum yang hadir diberikan suara berupa sticker untuk melakukan vote kepada peserta yang mereka anggap berhak atas suara tersebut. Peserta dengan suara terbanyak otomatis mendapat juara favorit.”

Mata acara yang baru diadakan pada tahun ini menyuarakan berbagai topik dengan tujuan meningkatkan kesadaran terkait isu geologi yang sedang terjadi saat ini. “Kami melakukan survei kepada massa dengan berbagai metode untuk mengangkat isu dan topik geologi terkini dan exhibition mendapat suara terbanyak,” ujarnya.

   

Persiapan dan pelaksanaan kegiatan ini telah dilakukan jauh-jauh hari, dimulai dengan pengonsepan pameran hingga promosi acara kepada masyarakat umum.

Harapannya GSC dapat terus berkembang menjadi platform yang diakui di tingkat nasional maupun internasional dan dapat terus menjadi acara tahunan yang dinantikan dan semakin banyak menarik minat. Beliau mengungkapkan, “Untuk exhibition, semoga ke depannya dapat berkembang lebih besar dan dapat menjadi platform untuk meningkatkan kesadaran terkait isu dan topik geologi kepada masyarakat umum.”

Reporter: Nasywa Hafizh Pandyanayaka (Teknik Geologi, 2022)
Dokumentasi: Panitia GSC ITB 2024


scan for download