Getarkan Panggung PPKM ITB 2023, "In Harmonia Progressio" Nyata dengan Permainan Angklung

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

JATINANGOR, itb.ac.id - Program Pengembangan Karakter dan Motivasi (PPKM) ITB 2023 yang digelar Asrama ITB mencapai puncaknya, Minggu (10/09/2023), dengan penampilan "Angklung Inspiratif" yang dipandu Ir. Djoko Nugroho, pendiri Angklung Inspiring Moment. Penampilan tersebut menggabungkan seni angklung dan pesan moral.

Dalam penampilannya, Ir. Djoko Nugroho menekankan nilai-nilai pembinaan yang dipegang teguh Asrama ITB, yaitu empati, rendah hati, kepemimpinan, kreativitas, prestasi, integritas, komitmen, dan nasionalisme. Beliau juga berpesan pentingnya kerja sama dan kebersamaan untuk mencapai kesuksesan. Seluruh tamu dan peserta diajak merasakan makna tersebut lewat permainan angklung.

Ir. Djoko Nugroho, yang telah lama mengabdikan diri melestarikan seni angklung, memandu dengan penuh antusiasme. Suara harmonis alat musik dari bambu ini memenuhi Ruang Auditorium GKU-II ITB Kampus Jatinangor, menciptakan atmosfer yang menggetarkan hati.

Beliau memandu para peserta memainkan sejumlah lagu, yakni "Rayuan Pulau Kelapa", "Can't Help Falling in Love", dan "Indonesia Pusaka".

Selaras dengan moto ITB, "In Harmonia Progressio", yang memiliki arti untuk maju secara bersama-sama dalam kerukunan atau kebersamaan dalam rangka mewujudkan visi dan misi ITB, beliau mengajak semua yang hadir menjadikan perbedaan sebagai sumber harmoni dan kemajuan.

Sebagai penutup, Ir. Djoko Nugroho menerima cendera mata yang diberikan langsung oleh Kepala Seksi Pengembangan Karakter, perwakilan Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB, Nanan Hendayana A.Md., SAP.

Acara "Angklung Inspiratif" menciptakan energi positif dan semangat untuk memulai perjalanan di ITB terutama bagi para mahasiswa baru yang hadir sebagai peserta PPKM ITB 2023.

Reporter : Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)

Dokumentasi : Arsip Asrama ITB

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download