Imajinesia x Tamarta: Perayaan Imajinasi dan Kreativitas Mahasiswa FSRD ITB

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id - Kelas Ilustrasi dan Desain Buku Anak (KIBA) mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (DKV FSRD ITB), mengadakan pameran Imajinesia x Tamarta, yang diselenggarakan Kamis-Sabtu (13-15/6/2024) di Fragment Project, Dago, Bandung.

Agenda kali ini mengangkat tema "Terima Asa, Arungi Masa". Pameran tersebut bertujuan menekankan pentingnya imajinasi dalam buku anak sekaligus memperkenalkan ragam Budaya yang ada di Indonesia.

Dosen dari Kelompok Keahlian (KK) Komunikasi Visual dan Multimedia, Dr. Riama Maslan Sihombing, M.Sn., mengatakan bahwa event ini merupakan momen special bagi KIBA yang telah berkarya selama kurang lebih 15 tahun. Menurutnya agenda ini mencerminkan kekuatan imajinasi dalam menciptakan cerita-cerita yang dapat menginspirasi.

Ada pun dengan tema "Terima Asa, Arungi Masa" tersebut, para pengunjung diajak untuk menyelami lima nilai penting, yakni menemukan, merencanakan, menginspirasi, menyelamatkan bumi, serta Penerimaan. Nilai-nilai tersebut tentunya dapat menjadi landasan para ilustrator dari KIBA dalam menuangkan ide-ide kreatif mereka ke dalam karya ilustrasi yang lebih bermakna.

"Jadi agenda ini bukan hanya sekedar pameran, namun juga dapat menjadi ruang refleksi sekaligus eksplorasi bagi para mahasiswa," ujarnya.

Acara ini pun tak hanya bermanfaat bagi para mahasiswa, namun juga terbuka bagi masyarakat umum. Para ilustrator, penerbit, bahkan anak-anak dapat langsung melihat berbagai karya dari mahasiswa KIBA.

Selain itu, terdapat pula sesi talkshow dengan narasumber dari tiga alumni dari berbagai multidisiplin yang ada di FSRD. Para alumni ini berbagi pengalaman dan dapat memberikan insight bagi para mahasiswa.

Pameran ini pun dimeriahkan dengan kegiatan pembacaan buku serta pertunjukan boneka. Pertunjukan boneka ini merupakan eksperimen baru dari KIBA yang biasanya hanya membuat buku dalam bentuk cetak dan digital. Kali ini, KIBA mencoba menghadirkan cerita dalam bentuk tiga dimensi dengan gerakan dan permainan panggung.

"Pertunjukan ini juga menjadi sarana untuk menguji respons anak-anak terhadap cerita yang disajikan. Para mahasiswa juga akan belajar bagaimana berinteraksi dengan anak-anak dan memahami reaksi mereka terhadap cerita," ucapnya.

Sebagai bentuk penghargaan kepada mahasiswa yang berbakat serta mempunyai potensi, KIBA pun memberikan penghargaan "Imajinesia Award", kepada 12 mahasiswa terpilih. Penghargaan tersebut berupa plakat serta fasilitas percetakan untuk buku yang telah mereka buat ilustrasinya.

Dalam kesempatan ini, dilaksanakan pula pameran tahunan mata kuliah Grafis Portofolio (DK 3202), yang bertajuk Tamarta. Tamarta dilakukan atas dasar bentuk pemenuhan tugas Ujian Akhir Semester (UAS), sekaligus menunjukkan setiap proses eksplorasi kepribadian setiap mahasiswa.

Imajinesia x Tamarta ini tidak hanya sekadar pameran, namun juga sebuah bukti atas imajinasi, kreativitas, dan dedikasi. Pameran ini menjadi bukti bahwa dengan semangat dan kerja keras, para generasi muda Indonesia mampu menghasilkan karya-karya yang luar biasa dan menginspirasi.


scan for download