ITB Digital Media Technology Day: Dari Penanganan Tsunami Hingga Memerah Sapi
Oleh asni jatiningasih
Editor asni jatiningasih
BANDUNG, itb.ac.id- Program Magister Teknik Elektro dan Program Magister Orientasi Desain Game FSRD, Selasa (11/8), menyelenggarakan “ITB Digital Media Technology Day”. Acara diisi dengan paparan seputar teknologi game, media digital, dan penampilan karya-karya tesis mahasiswa. Dalam keynote speak-nya, Dr.Ir.Dimitri Mahayana, dosen STEI ITB, seorang pakar teknologi informasi mengatakan bahwa media digital berpotensi untuk merubah cara manusia berkehidupan secara drastis. Oleh karena itu, merupakan sebuah tantangan bagi game developer untukmenghindari pengembangan game ke arah kekerasan dan sensor, penunjukan bagian tubuh wanita, dan game yang menunjukan kebencian (hate game).
Lebih jauh mengenai media digital, media digital terkait dengan dua aspek: aspek substansial dan aspek fungsional. Aspek substansial antara lain hiburan, bisnis, seni dan perancangan, pertanian, sains dasar, kerekayasaan dan manufaktur, sosial budaya, sistem nilai, agama, dan pertahanan keamanan. Sedangkan sistem fungsional antara lain pembelajaran, simulasi, alat bantu perancangan, alat bantu monitoring dan evaluasi, alat pelatihan maupun alat bantu kolaborasi dan komunikasi. Produk-produk aplikasi media digital interaktif merupakan kombinasi kedua aspek tersebut yang dikemas dan didukung oleh kombinasi dari teknologi-teknologi pendukung, yaitu interaksi manusia-komputer, grafika komputer dan lingkungan virtual, virtual reality dan augmented reality, pemodelan dan simulasi, penjejakan, robotika dan otomasi, pemrosesan sinyal, pemrosesan citra dan suara, biometrics seperti speech synthesis, speech recognition, gesture recognition, infrastruktur komputasi dan sistem embedded, ubiquitous computing dan mobile communication, serta pemrograman dan ilmu koputasional.
Dalam presentasi augmented reality (AR), sebuah bidang penelitian komputer yang berhubungan dengan dunia nyata dengan data hasil rekayasa komputer, ditampilkan AR volcanopedia, AR tsunami, AR flood, dan AR residential area design. AR volcanopedia merupakan sebuah buku yang memberikan pengalaman tiga dimensi, menghadirkan dunia maya ke dalam dunia nyata dengan mengangkat tema fenomena-fenomena kegunungapian dan visualisasi 3D. Hanya dengan membuka lembaran buku, dengan bantuan kamera, gambar-gambar pada buku tersebut dapat ditampilkan secara 3 dimensi. AR Tsunami, sebuah alat peraga yang terdiri dari video berisi penjelasan singkat fenomena gelombang tsunami dan mitigasi bencana tsunami, animasi berisi visualisasi 3D tahapan-tahapan terjadinya tsunami, dan game yang bercerita tentang bencana tsunami yang datang ke pantai dan pemain dapat berinteraksi dengan cara memindahkan objek-objek di pantai ke zona aman sebelum gelombang tsunami datang ke pantai. AR-flood, sebuah game strategi untuk menyelamatkan kota dari banjir dengan membanggun penahan banjir sesuai dengan lokasi dan persediaan dana dalam batas waktu ditentukan. Interaksi dilakukan terhadap 2D dan 3D. Interaksi 2D memberikan kemudahan bagi user untuk berinteraksi dengan menu dan tombol 2D, sedangkan interaksi 3D dilakukan untuk membangun dan meng-edit bangunan penahan banjir (model 3D). AR residential area design, sebuah aplikaasi yang membantu proses perancangan kawasan pemukiman secara virtual, dinamis, dan multiuser dengan mengoptimalkan fitur-fitur yang mampu menjawab kebutuhan pihak-pihak yanng terlibat dalam proses perancangan kawasan. AR residential area design memungkinkan tim perencana kawasan untuk bekerja secara real-time dan multiuser. Keunggulan lainnya adalah diperolehnya ketepatan desain arsitektur, tata ruang, perletakan bangunan, ketepatan komposisi bangunan terhadap lahan, yang diwujudkan secara virtual 3D yang nyata.
Dalam presentasi real time simulator, ditampilkan air combat flight simulator, driving simulator, simulator tank, dan sultan agung real-time strategy game. Air combat flight simulator, sebuah perangkat yang membuat simulasi nyata dari sebuah pesawat terbang tempur yang dibantu dengan kekuatan graphis komputer. Dalam melakukan simulasi digunakan jaringan yang menghubungkan server, client evaluator dan client pilot. Rangka dibuat dapat bergerak sesuai dengan gerakan tampilan komputer (motion control) agar terasa lebih nyata. Driving simulator, real time simulator yang divisualisasikan dalam 3D yang menunjang ujian praktek keterampilan mengemudi kendaraan bermotor dalam proses perolehan SIM A. Fasilitas yang ditawarkan diantaranya kemampuan menghasilkan simulasi gerakan kendaraan dalam bentuk efek getar dan visualisasi gerakan mobil, kondisi mengemudi di jalan raya yang disesuaikan dengan kondisi nyata, kemampuan menghasilkan simulasi komponen-komponen kendaraan dalam bentuk visual maupun audio, skenario latihan dan skenario evaluasi yang disesuaikan dengan kebutuhan ujian praktek keterampilan mengemudi. Simulator tank, simulasi yang menirukan gerakan tank dibantu dengan visualisasi software yang membuat simulasi kendaraan tank dapat dipakai untuk kepentingan training atau permainan. Sultan agung real-time strategy game, aplikasi interaktif online dalam bentuk game multiplayer hiburan digital. Sultan agung real-time strategy game bertemakan perjuangan Sultan Agung sebagai raja Mataram dalam mempersatukan nusantara.
Interactive e-learning adalah sebuah aplikasi yang memudahkan siswa kelas 1-3 SD dalam mempelajari materi matematika dan IPA. Interactive E-Learning sebuah sistem yang memudahkan guru dalam administrasi dan pengelolaan kelas, meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran, dan menciptakan suasana belajar yang mudah dan menyenangkan.
Karya-karya tesis lain diantaranya Hajj Game yang mendesain tata cara ibadah haji termasuk prosedur dan tahapan keberangkatan dari Tanah Air, Game Simulasi Keselamatan Kerja Depo Minyak yang mendidik pekerja agar mempunyai kesadaran atas keselamatan kerja, Dairy Farm Simulator sebuah simulasi peternakan sapi perah dalam mengelola peternakan sapi dalam suatu periode waktu untuk mencapai target tertentu, dan “The Mudik Mahmud” sebuah game yang mengedukasi user dalam keselamatan berkendaraan saat mudik.