Kolaborasi ITB Kampus Cirebon, Dukung Kawasan Rebana dengan Pusat Pengembangan SDM

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


CIREBON, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) Kampus Cirebon menjadi tuan rumah penyelenggaran Rapat Koordinasi Pengelolaan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU). Acara berlangsung di Gedung Aula B ITB Kampus Cirebon secara luring, Sabtu (11/11/2023). Kegiatan dihadiri para rektor Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia yang berkomitmen menyelenggarakan PSDKU.

Program PSDKU merupakan salah satu upaya pemerintah memberikan perluasan akses pendidikan tinggi di daerah sehingga pengelolaan perguruan tinggi lebih efektif. ITB menjadi contoh nyata keberhasilan penyelenggaraan PSDKU melalui ITB Kampus Cirebon yang menginjak usia ke-2 di tahun 2023 ini.

Pengembangan PSDKU di ITB Kampus Cirebon tidak lepas dari dukungan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. “ITB mendapat dukungan dana 90 persen dari penyelenggaraan PSDKU di Kampus Cirebon,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng.

   

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Drs. Wahyu Mijaya, S.H., M.Si., dalam sambutannya, mengungkapkan bahwa ITB telah menerima 22 persen dari 60 persen dana operasional yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Jabar terkait penyelenggaran PSDKU.

Jawa Barat menjadi provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia, yakni sekitar 50 juta penduduk. Dengan demikian, 19 persen penduduk Indonesia berada di Jawa Barat. Jumlah siswa sekolah Jawa Barat yang duduk di bangku sekolah berkisar 1,9 juta siswa. Setiap tahun terdapat kurang lebih 650 ribu lulusan SMA. Beberapa di antaranya memilih untuk bekerja, tetapi tidak sedikit yang melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, untuk dapat memfasilitasi pendidikan tinggi siswa Jawa Barat diperlukan PSDKU.

“Tahun 2045 kita harus menjadikan putra-putri generasi unggul dan cara Pemprov Jabar mencetaknya melalui kerja sama PTN di Jabar supaya 50 juta penduduk Jabar bisa meningkat kualitas SDM-nya,” ujar Drs. Wahyu Mijaya, S.H., M.Si.

Beliau juga menjelaskan bahwa program PSDKU sebagai bagian pendukung rencana pembangunan wilayah Jawa Barat. Pemprov Jabar tengah melakukan pengembangan wilayah Jabar di Utara (Kawasan Metropolitan Rebana) dan di Selatan (Jabar Selatan). Posisi ITB Kampus Cirebon yang strategis, berada di tengah proyek strategis Pemprov Jabar, memberikan peluang ITB bekerja sama dengan Pemprov Jabar umumnya dalam mendukung pengembangan Kawasan Metropolitan Rebana melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan khususnya dalam pengembangan PSDKU di Kampus Cirebon.

Beliau menilai penyelenggaraan ITB Kampus Cirebon sebagai langkah yang tepat untuk pengembangan SDM di Cirebon. Kualitas lulusan ITB Kampus Cirebon diharapkan setara dengan kampus utama dan dapat berkontribusi di masyarakat khususnya terkait pembangunan Kawasan Rebana.

“PSDKU bukan tentang kedaerahan melainkan sebagai bentuk dukungan membangun Provinsi Jawa Barat,” ujarnya.

Reporter: Pravito Septadenova Dwi Ananta (Teknik Geologi, 2019)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download