Mahasiswa ITB Raih Juara III Pemilihan “Koci” Jawa Barat 2023

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami

BANDUNG, itb.ac.id – Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota pada Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) ITB, Federico Hasan, meraih prestasi sebagai Juara 3 dalam Pemilihan Koko Cici (Koci) Jawa Barat Tahun 2023.

Koko Cici (Koci) merupakan ajang pemilihan Duta Budaya Tionghoa Jawa Barat, yang menjadi bagian dari keluarga besar Koko Cici Indonesia, sebagai organisasi sayap dari paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Jawa Barat.

Rico tertarik mengikuti pemilihan Koci karena sesuai dengan background dirinya sebagai seorang mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota sekaligus menjalani program fast track pada program studi Magister Perencanaan Kepariwisataan. Hal ini berkaitan dengan peran Koci yaitu sebagai Duta Budaya Tionghoa, Duta Sosial, dan Duta Pariwisata.

Perjuangan Rico dalam meraih prestasi ini cukup panjang. Dimulai dari seleksi daring berupa wawancara dan talent show, dan dilanjutkan dengan seleksi luring berupa wawancara public speaking, catwalk serta beberapa tahap lainnya. Hingga tahap ini, Rico berhasil lolos seleksi bersama 10 pasang finalis lainnya dan mengikuti karantina. Tahap karantina dilakukan secara daring (Zoom) dan luring yang bertempat di Hotel Santika Paskal. Melalui tahapan karantina, para finalis dibekali materi mulai dari materi Tionghoa, pariwisata, hingga praktik catwalk dan sikap menjadi duta.

Salah satu acara yang juga menjadi rangkaian kegiatan pemilihan Koci yaitu Unjuk Bakat. Unjuk Bakat diselenggarakan pada Sabtu (15/04) di Mall Festival Citylink. Dalam acara ini, Rico membawakan Tarian Ballroom Waltz. Memasuki malam grand finale, dilakukan pemilihan Top 5 Finalis sekaligus sesi tanya jawab. Bertempat di Auditorium Universitas Kristen Maranatha, Kota Bandung, pada Minggu (07/5), terpilih Top 3 Finalis. Rico berhasil menjadi Koko Cici Wakil II Jawa Barat.

“Yang menarik adalah semua peserta dan panitia sangat ramah dan hangat walau tetap serius mempersiapkan malam grand finale,” ungkap Rico. Setelah resmi menjadi Koko Wakil II, Rico akan bertugas dan melaksanakan perannya sebagai Duta Budaya Tionghoa, Duta Pariwisata, dan Duta Sosial Provinsi Jawa Barat, untuk periode satu tahun ke depan.

Penulis: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota 2019)
Foto: Panitia Pemilihan Koci Jawa Barat 2023


scan for download