PI2TH: Pemahaman Ilmu Hayati yang Terpadu

Oleh Fathir Ramadhan

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id-Rangkaian acara Pekan Inovasi Ilmu dan Teknologi Hayati (PI2TH) membimbing mahasiswa untuk memahami ilmu hayati secara terpadu. Mahasiswa diajak menuangkan konsep dan pemikiran melalui lomba karya tulis ilmiah, difasilitasi untuk menampilkan hasil karya melalui pameran, dan dituntun untuk melempar produk ke pasaran melalui seminar mengenai peluang bioindustri. PI2TH diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi (Nymphaea) ITB pada Jumat (19/11/10).
PI2TH diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi (Nymphaea) ITB. PI2TH terdiri atas beberapa acara: final kompetisi karya tulis ilmiah; pameran produk-produk ilmu hayati; dan seminar Peluang, Prospek, dan Tantangan Bioindustri di Indonesia oleh Dr. Noorsalam Rahman Nganro, M.Sc., dosen SITH sekaligus pakar Ekologi dan Biosistematik. Seminar membahas cara menciptakan industri yang maju dari produk-produk hayati.

Dituturkan oleh Herynda Cempaka Sari (Mikrobiologi 07), ketua pelaksana PI2TH, bahwa mahasiswa Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), program studi Biologi, dan program studi Mikrobiologi ITB telah sering mengikuti lomba karya tulis ilmiah di bidang ilmu hayati.

"Lomba-lomba yang diikuti berupa perlombaan internal SITH, internal ITB, maupun eksternal," ungkap Herynda. "Pameran berfungsi sebagai wadah bagi mahasiswa untuk memamerkan kembali karyanya di lingkungan kampus ITB."

Selain memamerkan produk hasil lomba, pameran juga mempublikasikan karya-karya yang terdapat pada workshop Pekan Keprofesian Nymphaea yang digelar sebelumnya di Sumedang.

Berdasarkan penjurian final yang diadakan Jumat (19/11/10), didapat pemenang kategori basic science dan applied science. Pemenang kategori basic science adalah karya Deti, dengan judul karya Pengaruh Pemberian Kafein terhadap Sperma dan Persentase Kelahiran Mencit (Mus musculus SW). Sedangkan pemenang kategori applied science adalah Saepudin dkk, dengan judul karya Permodelan Waktu Inkubasi Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) Menggunakan Persamaan Diferensial Linear dengan Maple.

scan for download