Rektor ITB Tandatangani MoU Kerja Sama di Bidang Keilmuan Teknik Kelautan

Oleh Cintya Nursyifa

Editor -

JATINANGOR, itb.ac.id - ITB kembali membangun kerja sama dengan instansi pendidikan yang sepaham dalam pembangunan bangsa. Kali ini ITB dan President University berkolaborasi di bidang keilmuan Teknik Kelautan. Inisiasi kerja sama tersebut dilegalkan melalui penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) atau Nota Kesepahaman.  Kegiatan resmi tersebut melibatkan Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA (Rektor ITB 2015-2020), Dr. Drs. Chandra Setiawan, M.M., Ph. D, (Rektor President University), dan Prof. Dr. Drs. Ermaya Suradinata, S.H., M.S., M.Hum. sebagai ketua dalam kerja sama tersebut. Agenda yang diselenggarakan pada Rabu (02/12/15) ini berlangsung di ruang Rapat Pimpinan (Rapim) A Gedung Annex.  Kerja sama yang dijalin ini selaras dengan rencana President University  dalam membuka Program Studi Teknik Kelautan. Menurut pihak President University, kemajuan President University tidak lepas dari peran ITB.

Kolaborasi tersebut  diharapkan dapat mewujudkan tujuan dalam pengembangan kegiatan pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya yang disediakan kedua belah pihak tanpa menganggu pelaksanaan tugas masing-masing. Kegiatan ini pun mendukung keilmuan teknik kelautan yang  akan mempermudah Indonesia dalam mewujudkan poros  kemaritiman. ITB sebagai instansi yang mebuka prodi serupa lebih awal diharapkan dapat menjadi role model. Kerja sama dalam program yang mendukung nawacita kemaritiman ini sangat berpotensi bagi Indonesia dengan archipelagonya. Terlebih lagi kawasan perairan Indonesia mencapai dua per tiga dari seluruh wilayah Indonesia.


Kesepakatan bersama antara President University dengan ITB adalah mengenai pengembangan kegiatan pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Dibandingkan untuk membeli komoditas asing untuk pengembangan pembangunan, ternyata pembiayaan pembangunan sumber daya manusia akan bernilai berkali lipat. "ITB turut senang mempunyai partner dalam menyelesaikan permasalahan bangsa, mengobati kesendirian ITB dalam membangun bangsa. Seperti motto ITB, "In Harmonia Progressio" , artinya maju bersama dalam harmoni dalam suasana kebersamaan," tutur Kadarsah. President University yang berlokasi di Jababeka Education Park ini memiliki hubungan historis dan psikologis dengan ITB yang dirintis oleh rektor pertama President University sebagai alumni ITB. Hubungan baik tersebut ingin dibina secara berlanjut sehingga potensi peran perguruan tinggi diharapkan dapat berdampak  dalam MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang dimulai pada Desember ini.


scan for download