Sekolah Pengusaha Muda 3.0: Wadahi Minat Kewirausahaan Mahasiswa

Oleh Diviezetha Astrella Thamrin

Editor Diviezetha Astrella Thamrin

BANDUNG, itb.ac.id - Setelah sukses dengan Sekolah Pengusaha Muda (SPM) ITB angkatan pertama dan kedua, kini SPM bekerja sama dengan Techno Entrepreneur Club (TEC) ITB menyelenggarakan Sekolah Pengusaha Muda (SPM) ITB angkatan ketiga. SPM merupakan sebuah program yang mewadahi mahasiswa dalam berwirausaha. Program edukasi ini dirintis dan dikelola oleh Kemenkoan Perekonomian Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB, bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB.

Dari tahun ke tahun, antusiasme mahasiswa ITB untuk terjun ke dalam dunia kewirausahaan semakin besar. ITB pernah mencoba untuk membumikan kewirausahaan dengan menyelenggarakan ITB Entrepreneurship Challenge (IEC), yang mendapat respon sangat positif dari massa kampus. Setelah suksesnya IEC, dibentuklah SPM sebagai langkah lanjutan dari program IEC untuk melahirkan pengusaha-pengusaha muda baru.

"Pada SPM, para peserta diberi keterampilan wirausaha. Kami berharap dapat membuka wawasan mahasiswa agar setelah lulus nanti dapat membuka usaha sendiri," ujar Intan Chandra Septhidia (Manajemen Rekayasa Industri 2010), Ketua Teknis dan Direktur Pengembangan SDA SPM 3.0. Intan juga berharap bahwa SPM dapat melahirkan pengusaha-pengusaha muda baru yang benar-benar nyata.

Tak berbeda dengan SPM yang telah diselenggarakan sebelumnya, SPM kali ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan wirausahawan baru, menumbuhkan motivasi  berwirausaha, meningkatkan sense of business, dan membangun jejaring bisnis. Pemberian materi akan dititikberatkan pada pendetailan business plan yang meliputi evaluasi dan perencanaan bisnis, teknik memperoleh pendanaan, analisis keuangan, serta riset pasar.

Pada angkatan ketiga ini, SPM ITB membuka pendaftaran untuk seluruh mahasiswa dan alumni muda yang berdomisili di Bandung dan sekitarnya. Pembukaan SPM akan dilaksanakan pada Sabtu (05/05/12) mendatang, bersamaan dengan Seminar Kemandirian Nasional yang bertempat di Aula Barat. Pendidikan SPM sendiri direncanakan akan diadakan selama kurang lebih 2 minggu (21/05/12-08/06/12).

Tahun ini, Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) Pertamina bekerja sama dan mendukung SPM kali ini. Dengan dijalinnya kerja sama dengan Pertamina, para peserta SPM akan berkesempatan menjadi mitra binaan Pertamina yang dapat memperoleh modal usaha, mendapat mentoring langsung dari Pertamina, serta diberi kesempatan untuk mengikuti pameran bisnis yang akan membantu market networking.

"Mudah-mudah dengan diadakannya SPM, dapat dilahirkan pengusaha-pengusaha muda baru yang benar-benar nyata," tutup Intan.


scan for download