Sosialisasi Program Beasiswa Prioritas LPDP 2024 di Tingkat Magister dan Doktor, Dukung Perkembangan Pendidikan di Indonesia

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id – Sebagai upaya memperluas kesempatan pendidikan bagi mahasiswa Indonesia, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menggelar sosialisasi Program Beasiswa Prioritas untuk jenjang magister dan doktor, di Auditorium IPTEK, Campus Center (CC) Timur ITB, Selasa (30/4/2024).

Kepala Subdivisi Pengembangan Beasiswa LPDP, Hentri Wibowo, S.I.P., M.Sc. M.B.A, menjelaskan program beasiswa yang tersedia. Fokus dari program ini adalah peluang pendidikan di luar negeri yang tengah dibuka LPDP dalam tiga beasiswa prioritas, di antaranya bidang Metallurgical Engineering di Northeastern University, Bidang Metalurgi di Central South University (CSU), serta kesempatan melanjutkan pendidikan di Korea University of Science and Technology (UST). Selain itu, disampaikan pula mengenai Program Doktor Talenta Riset dan Inovasi Nasional Tahun 2024.

Direktur Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB, D. Arch. G. Prasetyo Adhitama, S.Sn., M.Sn., menyampaikan bahwa program beasiswa ini merupakan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri dan berkontribusi pada pembangunan bangsa. Dengan adanya kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, diharapkan mahasiswa dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat dan menjadi bagian dari pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas.

Sementara itu, Dekan Sekolah Pascasarjana ITB, Prof. Dr. Suprijadi, M.Eng., menekankan pentingnya program beasiswa ini dalam mendukung pembangunan sumber daya manusia di berbagai bidang strategis nasional. Melalui kerja sama dengan berbagai universitas di dalam dan luar negeri, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri dan berkontribusi pada pengembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang menjadi fokus utama pembangunan.

“Indonesia itu sangat kaya akan sumber daya alam. Kalau bukan kita siapa lagi yang bisa manfaatkan untuk bangsa sendiri. Silakan manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Kami percaya bahwa Anda punya kapasitas untuk dapat melakukannya,” ujarnya.

Adapun materi yang disampaikan mencakup prosedur pendaftaran dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk mengikuti program beasiswa LPDP. Pendaftaran dilakukan melalui portal resmi LPDP dan para peserta diharapkan dapat melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan. Proses seleksi melibatkan beberapa hal, mulai dari tahapan seleksi administrasi, tes TOEFL, dan sebagainya tergantung pada program apa yang dipilih. Diharapkan para peserta dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti proses seleksi tersebut.

Dengan adanya sosialisasi ini, ITB berharap semakin banyak mahasiswa yang tertarik mengambil kesempatan ini dan melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkontribusi pada pembangunan bangsa.

Reporter dan dokumentasi: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika 2021)


scan for download