Tak Sekadar Tempat Makan, Kantin Kampus ITB Jatinangor Jadi Alternatif Pusat Interaksi dan Bersosialisasi

Oleh Anggun Nindita

Editor Adi Permana

Dokumentasi Iko Sutrisko Prakasa Lay

JATINANGOR, itb.ac.id – Kantin menjadi bagian tak terpisahkan dari civitas akademik ITB termasuk di Kampus Jatinangor. Selain sebagai tempat menikmati makan siang, kantin dapat menjadi pusat kegiatan sosial dan berkumpul bagi para civitas akademik. Menyadari peranan penting kantin ini bagi warga kampus, maka ITB Kampus Jatinangor pun terus mengembangkan fasilitas ini. Termasuk peningkatan kualitas kantin yang ada.

Seperti di Kantin GKU 2 Kampus ITB Jatinangor. Kantin ini dibekali dengan fasilitas yang memenuhi persyaratan yang baik, yakni kebersihannya yang terjaga serta memberikan kenyamanan bagi para pengunjungnya.

Beberapa titik telah disiapkan tempat sampah dan terdapat petugas kebersihan yang senantiasa memastikan kebersihan kantin. Kantin ini dikenal juga dengan nama kantin modern, dengan sistem self service. Di kantin ini pun tersedia beragam menu yang disajikan dengan harga yang ramah di kantong mahasiswa.

Tidak hanya untuk makan dan santai, kantin terbesar di ITB Kampus Jatinangor pun cocok menjadi tempat mahasiswa berinteraksi, berdiskusi, berkolaborasi, dan melaksanakan berbagai kegiatan.

Maka dari itu, perkembangan yang sedang berlangsung di ITB Kampus Jatinangor turut memperhatikan kebutuhan civitas akademik, termasuk kantin yang berada di dalamnya. Penambahan fasilitas pun terus dilakukan, seperti peningkatan fasilitas kantin, pengadaan food truck, dan ATM Center yang terdapat area sekitar kantin. Selain tersedia di Mezzanine GKU 2, kantin lainnya yang menemani civitas akademik berada di area Lantai Dasar Asrama ITB Jatinangor TB-1 dan Mushola Al Wasath.

Selain kantin permanen, kantin berjalan berupa food truck juga akan menjadi salah satu alternatif pilihan untuk memperoleh santapan cepat dan lezat. Berada di tiga lokasi strategis berbeda, yaitu Depan GKU 1, Lahan parkir Asrama ITB Jatinangor TB-4 dan TB 5, food truck tersebut memudahkan akses bagi para civitas akademik dengan penempatan marka garis kuning.

Selain itu, di ITB Kampus Jatinangor juga telah memasang vending machine yang menyediakan beragam minuman dingin di beberapa titik yang dengan mudah dapat diakses oleh civitas akademik ITB. Hal ini memberikan alternatif minuman yang segar dan praktis dijangkau di tengah aktivitas sehari-hari.

Dengan inisiatif ini, ITB Jatinangor tak hanya memastikan civitas akademiknya mendapatkan makanan berkualitas, tetapi juga menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran dan interaksi di luar ruang kelas.

Inovasi terus dilakukan untuk memberikan pengalaman terbaik bagi civitas akademik ITB, memenuhi kebutuhan dan ekspektasi mereka dalam menjalani kehidupan akademik yang dinamis.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika 2021)


scan for download