Tim Eternals dari SBM ITB Berjaya di National Branding Competition Brexplor 2024

Oleh Muhammad Tegar Dewantara - Teknik Perminyakan, 2021

Editor M. Naufal Hafizh


Tim Eternals memegang papan penghargaan 2nd Place Brexplor 2024 pada hari pengumuman juara di Universitas Prasetiya Mulya, Sabtu (1/6/2024).

BANDUNG, itb.ac.id - Tim Eternals, yang terdiri atas Adenia Naura Pramesti, Azka Belliza, dan Danny Lewi Najogi, mahasiswa dari program studi Manajemen Bisnis (MB, 24), Sekolah Bisnis dan Manajemen, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB), meraih prestasi gemilang dalam ajang National Branding Competition Brexplor 2024. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Universitas Prasetiya Mulya dan melibatkan case collaborator Teazzi.

Brexplor adalah kompetisi yang tidak hanya fokus pada solusi bisnis tetapi juga pada branding, menjadikannya unik dan menarik bagi para peserta. Tim Eternals tertarik mengikuti kompetisi ini karena selain untuk menambah portofolio dan mengasah keterampilan yang telah mereka pelajari selama di SBM, mereka juga ingin memanfaatkan waktu tersisa di semester akhir dengan kegiatan yang produktif.

Dalam kompetisi ini, Tim Eternals mengajukan sebuah kampanye bertema "Every Sip Counts, Every Choice Matters", yang berfokus pada gaya hidup sehat. Mereka mengusulkan kolaborasi Teazzi dengan beberapa brand dan event seperti We The Fest, Beeru Stevia, dan Sulla Wellness Club. Selain itu, mereka mengembangkan ide aplikasi dengan elemen gamifikasi untuk menarik konsumen muda yang sedang menjalani gaya hidup sehat.

Persiapan tim ini tidaklah mudah. Meskipun hanya bisa berdiskusi 3-4 kali melalui Zoom karena kesibukan skripsi dan kelas, mereka tetap berusaha maksimal.

Kunci sukses Tim Eternals ada pada rasa percaya diri dan kemampuan untuk saling melengkapi. Mereka menyadari bahwa setiap anggota memiliki kekuatan dan kelemahan sehingga berusaha untuk menyatukan kelebihan masing-masing dan menutupi kekurangan satu sama lain. Adapun kepercayaan diri memainkan peran penting dalam meyakinkan dewan juri terhadap ide-ide mereka.

Tim Eternals juga menekankan pentingnya menyelaraskan ide mereka dengan branding yang sudah dibangun oleh Teazzi. Mereka perlu memahami tantangan yang dihadapi oleh Teazzi dan pain points yang dirasakan oleh konsumen, serta bagaimana mengatasi tantangan tersebut tanpa menghilangkan unsur identitas Teazzi.

Mereka berpesan kepada mahasiswa yang ingin mengikuti kompetisi serupa untuk berpikir kritis dan analitis. Dengan kedua keterampilan tersebut, peserta dapat memahami tantangan dan masalah yang dihadapi oleh case collaborator, yang mungkin tidak tercantum secara eksplisit dalam kasus yang diberikan. Berdasarkan temuan tersebut, ide-ide yang dihasilkan akan lebih relevan dan efektif dalam menyelesaikan masalah.

Kompetisi ini memberikan pengalaman berharga bagi Tim Eternals dan memperkuat kemampuan mereka dalam branding dan strategi bisnis, mempersiapkan mereka untuk tantangan yang lebih besar di masa depan.

Reporter: Muhammad Tegar Dewantara (Teknik Perminyakan, 2021)


scan for download