Zoom in ITB 2011: Ganesha to Solok

Oleh Fathir Ramadhan

Editor Fathir Ramadhan

PADANG, itb.ac.id - Zoom in ITB merupakan acara yang diselenggarakan oleh Unit Kesenian Minangkabau (UKM) ITB untuk memperkenalkan ITB kepada para pelajar SMA di Sumatera Barat. Tahun ini, Zoom in ITB 2011 terdiri atas dua rangkaian acara, yaitu Bakti Sosial 'Ganesha to Solok' dan Bedah Kampus ITB. Pada Senin (10/01/11), dua buah bus berisikan para anggota UKM ITB angkatan 2008, 2009, dan 2010 meluncur ke Solok, Sumatera Barat untuk menyelenggarakan salah satu rangkaian acara Zoom in ITB 2011, yaitu Bakti Sosial 'Ganesha to Solok'.

Ganesha to Solok

"Acara ini ditujukan bagi siswa SMA, terutama siswa kelas XII, agar memperoleh informasi yang lengkap mengenai ITB dan termotivasi untuk melanjutkan pendidikan di ITB," ungkap Arvin Putranto (Fisika Teknik '09) selaku Ketua Panitia Zoom in ITB 2011. Acara ini diselenggarakan di tiga sekolah yang berbeda di Kota Solok dan Kabupaten Solok, yaitu SMAN 1 Gunung Talang Kabupaten Solok, SMAN 1 Kota Solok, dan SMAN 3 Kota Solok.

Rangkaian acara di masing-masing sekolah sama. Awalnya para siswa kelas XII dikumpulkan di tempat yang cukup besar dan diberikan berbagai macam informasi seputar ITB, seperti fakultas dan beasiswa di ITB, serta jalur-jalur masuk ITB. Setelah itu, para siswa dimobilisasi ke kelas-kelas. Di sana, mereka memperoleh informasi yang lebih lengkap dan mendetail mengenai fakultas-fakultas.

Di akhir acara, panitia dan peserta bersama-sama melakukan penanaman bibit pohon mangga sebagai wujud cinta terhadap lingkungan sekitar. Acara hari itu ditutup dengan penulisan kesan dari para siswa pada selembar kain.

Oleh: Juliaris Magda Mustilluciana


scan for download