Konser Kolaborasi Musisi Kampus Indonesia: JAZZVERSITY 2.0 “Swarakarya Nusantara”

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami


BANDUNG, itb.ac.id – Pandemi COVID-19 tidak menghentikan orang-orang muda pencinta musik untuk berkarya. Bahkan, situasi seperti ini kembali dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk mengadakan kolaborasi meski saling berjarak jauh. Hal ini terjadi dalam kolaborasi konser ITBJazz dan ITS Jazz.

Setelah pertama kali berkolaborasi pada 7 September 2020 lalu, ITBJazz dan ITS Jazz kembali mengadakan konser kolaborasi berjudul Jazzversity 2.0 dengan tema “Swarakarya Nusantara” pada Sabtu, 16 Oktober 2021. Konser ini melibatkan banyak pihak kolaborator dari berbagai kampus di Indonesia seperti Universitas Airlangga, UPH Conservatory of Music, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, ISI Yogyakarta, bahkan sampai Berklee Indonesian Community dari Boston, Massachusetts.

Tahun ini, panitia Jazzversity berinisiatif untuk memperbanyak kolaborator musisi, kampus, media, dan government dengan konsep multievent. Maka dari itu, sebelum event utama, Jazzversity 2.0 diramaikan dengan beberapa kegiatan preevent, antara lain: IG Live, podcast, cover challenge, talkshow, dan workshop yang mulai diadakan kurang lebih sebulan sebelum main event. Rangkaian kegiatan Jazzversity 2.0 juga ikut diramaikan oleh musisi-musisi ternama seperti Dwiki Dharmawan, Sri Hanuraga, Dira Sugandi, dan lain-lain.

Dalam kata sambutannya, Muhammad Baliyan Ardzabily, Ketua Panitia Jazzversity 2.0, menyatakan bahwa kolaborasi sudah semestinya menjadi bahasa baru dalam berkarya. “Dengan adanya Jazzversity ini, saya harap ke depannya musisi kampus dari seluruh Indonesia dapat bersatu, berkarya, dan membuat sesuatu yang besar untuk negeri ini.”

Main event dari Jazzversity juga menghadiri keynote speaker yaitu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. yang mengapresiasi pelaksanaan konser tersebut. “Melalui kegiatan ini, teman-teman tidak hanya memperkaya diri, tetapi juga berkontribusi membangkitkan industri event nasional serta memberdayakan pelaku ekonomi kreatif bidang event yang terdampak oleh pandemi.”

Selain menampilkan karya-karya kolaborasi, Jazzversity 2.0 juga mengadakan donasi melalui Aksi Cepat Tanggap untuk menolong UMKM yang terdampak pandemi. Konser online ini menampilkan pertunjukan dari mahasiswa dan kolaborator yang membawakan lagu dari musisi lokal yang sudah tidak asing lagi, seperti Rizky Febian, Isyana Sarasvati, Tompi, RAN, Chrisye, The Groove, dan Reza Artamevia.

Reporter: Michelle Febriyana Chandra (Arsitektur, 2020)


scan for download