Mahasiswi Teknik Industri Sofya Dewi Simanjuntak Wakili Indonesia pada Gelaran Misi Budaya di Thailand

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id—Mahasiswi Institut Teknologi Bandung (ITB) dari jurusan Teknik Industri, Sofya Dewi Simanjuntak, terpilih sebagai Puteri Kesenian Indonesia 2022. Ia terpilih dalam ajang Putera-Puteri Kesenian Indonesia pada November 2022 lalu di Jakarta. Atas capaian tersebut, ia berhak mewakili Indonesia dalam Gelaran Misi Budaya yang akan diselenggarakan di Thailand pada akhir tahun 2023 nanti.

Pemilihan Putera-Puteri Kesenian Indonesia merupakan sebuah ajang kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia untuk melestarikan kesenian negara melalui generasi muda yang mampu berkarya, berestetika, dan berinovasi guna menciptakan karya seni kreasi berkelanjutan. Adapun fokus utama acara ini adalah terciptanya sebuah karya seni kreasi baru yang inovatif dan memiliki nilai estetika yang tinggi.

Sofya mengatakan, latar belakang mengikuti ajang ini karena ia punya keinginan kuat untuk mengembangkan bakat dan kemampuan di bidang nonakademik terutama terkait kesenian dan modelling. Mahasiswa asal Sumatera Utara ini yakin, keikutsertaanya dalam kompetisi ini akan mengantarkan dirinya bisa lebih dikenal oleh masyarakat dalam upaya pelestarian budaya negara Indonesia.

Lebih lanjut, Sofya menjelaskan bahwa perjuangan yang ia lakukan untuk meraih penghargaan ini tidak mudah. Saat awal pendaftaran, ia sempat mengalami kesulitan dalam proses pembiayaan kegiatan selama ajang kompetisi karena dana yang dibutuhkan cukup tinggi. Meskipun usaha mencari sponsor telah dilakukan, mahasiswa jurusan teknik industri ini tetap tidak menemukan sponsor yang akan membiayai kegiatannya sehingga terpaksa ia harus merelakan seluruh pendapatan hasil magangnya untuk mengikuti kegiatan ini.

“Tantangan yang saya alami utamanya tentang persoalan dana. Tapi semua itu bisa saya tangani dengan uang tabungan pribadi saya,” jelasnya seperti diberitakan Direktorat Kemahasiswaan ITB, Kamis (19/01/2023).

Sofya menyampaikan kunci utama keberhasilannya dalam ajang pemilihan ini karena percaya diri. Sesulit apapun tantangan yang dihadapi, manusia akan tetap memiliki peluang untuk berhasil jika rasa percaya diri itu masih membara dalam diri. Untuk itu, ia berpesan bahwa siapapun pasti memiliki peluang yang sama untuk bisa berkembang dan sukses dalam bidang pageant jika keyakinan dan percaya diri telah berhasil mereka tanamkan dalam diri masing-masing.

Reporter: Nur Rama Adamas (Teknik Sipil, 2020)


scan for download